Menhan Ukraina dan Spanyol Kompak Sangkal Pasukan NATO di Ukraina

Rabu, 12 April 2023 - 23:36 WIB
loading...
Menhan Ukraina dan Spanyol Kompak Sangkal Pasukan NATO di Ukraina
Menhan Ukraina dan Spanyol kompak sangkal pasukan NATO di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MADRID - Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina dan Spanyol kompak membantah klaim bahwa pasukan NATO berperang melawan angkatan bersenjata Rusia di Ukraina. Mereka menyangkal laporan yang muncul dari kebocoran dokumen Pentagon yang sangat rahasia.

"Benar-benar salah bahwa ada pasukan NATO di Ukraina," kata Menhan Spanyol Margarita Robles dalam konferensi pers bersama koleganya dari Ukraina di Madrid.

“Tidak benar bahwa ada personel NATO di Ukraina, kecuali atase militer," tambah Menhan Ukraina Oleksii Reznikov seperti dikutip dari CNN, Rabu (12/4/2023).

Menanggapi pertanyaan tentang kebocoran dokumen, Reznikov mengatakan memiliki banyak data yang tidak benar dan tidak lagi menggambarkan situasi terkini.



"Penerima manfaat dari operasi ini adalah Rusia atau sekutu atau simpatisannya," ujarnya menambahkan bahwa dia yakin bahwa sekutu Ukraina, Amerika Serikat (AS), akan bekerja untuk menetralisir kebocoran ini dan menghindarinya di masa depan.

"Ukraina memiliki kepercayaan penuh pada sekutu Amerika kami meskipun ada kebocoran," katanya.

Dari perspektif Spanyol, Robles mengatakan persatuan sekutu NATO dan Uni Eropa tetap kuat dan Rusia tidak akan mampu menerobos itu.

Sementara terkait bantuan tank untuk Ukraina, Robles mengatakan pengiriman pertama enam tank tempur modern Spanyol untuk Ukraina akan segera berangkat melalui kapal dan akan tiba di negara yang dilanda perang itu pada akhir bulan ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)