Dokumen Rahasia Rencana Perang AS-NATO di Ukraina Bocor

Jum'at, 07 April 2023 - 14:12 WIB
loading...
Dokumen Rahasia Rencana Perang AS-NATO di Ukraina Bocor
Dokumen rahasia rencana perang AS-NATO di Ukraina bocor, Pentagon lakukan penyelidikan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Bocoran dokumen rahasia yang menguraikan perencanaan perang Amerika dan NATO di Ukraina telah memicu penyelidikan oleh militer Amerika Serikat (AS). Begitu laporan media yang berbasis di AS, New York Times (NYT).

Slide presentasi pengarahan, beberapa di antaranya ditandai "sangat rahasia", menunjukkan kekuatan pasukan yang dinilai, garis waktu untuk pengiriman senjata dan pengeluaran amunisi, berada di antara data lainnya.

File-file itu muncul di media sosial awal pekan ini. Sementara sumbernya masih belum jelas, kebocoran tersebut telah memicu alarm di Pentagon, yang telah meluncurkan penyelidikan untuk mengetahui bagaimana dokumen itu diperoleh, NYT melaporkan.

"Kami mengetahui laporan postingan media sosial dan departemen sedang meninjau masalah ini," kata juru bicara Pentagon Sabrina Singh kepada outlet tersebut seperti dikutip dari RT, Jumat (7/4/2023).



Pejabat mengatakan mereka telah bekerja untuk menghapus materi itu dari internet, tetapi belum berhasil pada Kamis malam.

Salah satu dokumen bertanda "rahasia besar" memberikan "Status Konflik per 1 Maret", yang menunjukkan bahwa slide tersebut berumur beberapa minggu. Meskipun mereka tidak menjelaskan rencana pertempuran khusus, file tersebut menawarkan sekilas penilaian intelijen AS untuk tingkat pasukan Rusia dan Ukraina, jadwal pelatihan dan pengiriman peralatan, data cuaca, serta pengeluaran amunisi – termasuk untuk platform HIMARS yang dipasok AS.

Pentagon sebelumnya tidak mengungkapkan tingkat di mana pasukan Ukraina menggunakan amunisi untuk senjata tersebut.



Beberapa dokumen tampaknya telah diubah, dengan beberapa versi berbeda yang beredar secara online menunjukkan perkiraan kerugian yang sangat bervariasi di kedua sisi konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)