Rusia Tak Terima AS Sebut Kepresiden DK PBB Lelucon April Mop

Rabu, 05 April 2023 - 02:29 WIB
loading...
Rusia Tak Terima AS Sebut Kepresiden DK PBB Lelucon April Mop
Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia. Foto/AP
A A A
NEW YORK - Duta Besar Rusia untuk PBB menolak klaim Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) yang mendeskripsikan kepresidenannya di Dewan Keamanan (DK) PBB sebagai lelucon April Mop. Ia juga mengumumkan pertemuan yang akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov untuk membela prinsip-prinsip piagam PBB, yang secara luas dituduh telah dilanggar oleh Moskow dengan menginvasi Ukraina.

Sebelumnya Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan Amerika mengharapkan Rusia akan profesional tetapi akan menggunakan kursi ketua mereka untuk menyebarkan disinformasi dan mempromosikan agenda mereka sendiri yang berkaitan dengan Ukraina.

"Dan kami akan siap untuk menyerukan mereka keluar di setiap saat mereka berusaha melakukan itu," tegasnya.

Dia dan kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell sama-sama menyebut pengambilalihan presiden dewan oleh Rusia sebagai lelucon April Mop.

Di bawah aturan Dewan Keamanan, kepresidenan DK PBB bergilir setiap bulan sesuai urutan abjad di antara 15 anggotanya. Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, mengatakan bahwa tidak akan ada perubahan dalam aturan dewan, yang bertugas menjaga perdamaian dan keamanan internasional itu.

Dia mengatakan Rusia telah menjadi perantara yang jujur selama kepresidenan dewan sebelumnya,

"Sebuah peran yang kami hargai dan hargai, dan kami selalu berusaha mempertahankannya," ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press, Kamis (5/4/2023).



Nebenzia menanggapi harapan duta besar AS bahwa Rusia akan menyebarkan disinformasi tentang Ukraina dengan menyebutnya sebagai narasi Barat.

"Kami berpikir sebaliknya," ia menekankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)