10 Negara Terbahagia 2023, Rata-rata Berasal dari Benua Eropa

Selasa, 28 Maret 2023 - 13:07 WIB
loading...
10 Negara Terbahagia 2023, Rata-rata Berasal dari Benua Eropa
Warga Finlandia termasuk salah satu yang paling bahagia di dunia. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Pada tahun 2023 ini, PBB kembali merilis World Happiness Report atau laporan kebahagiaan penduduk di dunia sepanjang tahun 2022 lalu.

Laporan tersebut merupakan hasil dari survei secara global yang dilakukan kepada negara-negara di dunia.

Dalam laporannya itu, terdapat sepuluh negara yang menyandang predikat negara terbahagia di dunia.

Pemeringkatan tersebut didasarkan pada penilaian responden tentang kehidupan mereka sendiri dan juga artikel kebahagiaan yang mereka sertakan.

10 Negara Terbahagia Tahun 2023

Melansir dari laman europanews, berikut sepuluh negara terbahagia 2023 yang rata-rata berasal dari benua Eropa:

1. Finlandia

Finlandia menjadi negara terlama menduduki peringkat pertama negara terbahagia di dunia.

Pada tahun 2023 ini, Finlandia berhasil merebut peringkat tersebut lantaran berhasil menghadapi pandemi COVID-19 dan kurangnya korupsi pemerintah disana.

2. Denmark

Denmark juga kembali menduduki peringkat kedua setelah Finlandia. Negara ini memiliki nilai yang unggul di beberapa aspek seperti pendapatan perkapita masyarakatnya yang tinggi, respon masyarakat yang berbahagia dan kurangnya korupsi pada pemerintahannya.

3. Islandia

Islandia menduduki peringkat ketiga karena masyarakatnya memiliki perasaan dukungan sosial yang paling tinggi, bahkan pernah lebih tinggi dari Finlandia.

Selain itu negara ini juga menduduki peringkat tertinggi predikat negara yang memiliki kemurahan hati.

4. Israel

Israel menduduki posisi keempat negara terbahagia di dunia. Negara ini menduduki urutan tersebut karena banyak masyarakatnya yang merasa bahagia tinggal di wilayahnya yang tergolong lengkap mulai dari lautan hingga pegunungan yang indah.

5. Belanda

Pada urutan kelima ada negara Belanda. Negara yang satu ini memiliki skor tertinggi dalam hal kedermawanan dan dapat menunjukan bahwa negaranya memiliki tingkat korupsi yang lebih sedikit dari negara lainnya.

6. Swedia

Tetangga dari Finlandia ini juga masuk dalam kategori negara terbahagia 2023. Swedia unggul di beberapa penilaian diantaranya adalah tingkat korupsi yang cukup rendah, PDB per kapita yang tinggi hingga tingginya harapan hidup masyarakatnya.

7. Norwegia

Pemerintah Norwegia telah menjalankan banyak program yang dapat dirasakan oleh masyarakat, diantaranya adalah biaya perawatan kesehatan universal dan biaya kuliah gratis.

Dengan adanya program itu masyarakat Norwegia mampu memberikan respon terbaik atas penilaian negara terbahagia di dunia.

8. Swiss

Dalam riwayatnya, Swiss pernah menduduki peringkat ketiga negara terbahagia di dunia. Negara yang satu ini memiliki Upah Minimum yang tinggi, sehingga membuat masyarakatnya hidup secara layak.

9. Luxembourg

Selanjutnya ada Luxembourg yang saat ini menduduki negara terbahagia ke-9. Luxembourg menjadi negara terbahagia karena memiliki keunggulan di beberapa hal diantaranya seperti PDB nasiona, dukungan sosial, kebebasan pribadi, dan tingkat korupsi yang rendah.

10. Selandia Baru

Selandia Baru juga memiliki keunggulan yang relatif sama dengan negara yang berada di tingkat atasnya, meski memiliki poin yang lebih sedikit.

Beberapa keunggulan dari negara terbahagia 2023 ini diantaranya adalah kebebasan, kedermawanan, harapan hidup sehat, PDB per kapita, dukungan sosial, dan rendahnya tingkat korupsi.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)