Selandia Baru Mengaku Prihatin atas Ketegangan di Laut China Selatan

Minggu, 26 Maret 2023 - 06:30 WIB
loading...
Selandia Baru Mengaku Prihatin atas Ketegangan di Laut China Selatan
Ilustrasi
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri Selandia Baru , Nanaia Mahuta mengatakan pada Sabtu (25/3/2023), bahwa dia telah menyatakan keprihatinan atas ketegangan di Laut China Selatan dan Selat Taiwan . Hal itu terungkap selama pembicaraan dengan mitranya dari China pada akhir kunjungan ke Beijing.

Mahuta juga mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa dia "mencatat keprihatinan mendalam Selandia Baru mengenai situasi hak asasi manusia di Xinjiang dan erosi hak dan kebebasan di Hong Kong". Di Beijing, Mahuta bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang.



"Nanaia Mahuta menyatakan keprihatinan atas perkembangan di Laut China Selatan dan meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan," kata pernyataan menteri luar negeri, seperti dikutip dari Reuters.

Mahuta mengatakan, dia mengulangi kecaman Selandia Baru atas invasi Rusia ke Ukraina. China adalah sekutu utama Rusia dan keduanya mengkritik AS dan NATO karena merusak stabilitas global.

Mahuta tiba di China pada Rabu (22/3/2023) untuk perjalanan empat hari. Ini merupakan kunjungaan pertama oleh seorang menteri Selandia Baru sejak 2019, dan juga bertemu dengan diplomat top China Wang Yi serta para pemimpin bisnis dan wanita.

Wang memberi tahu Mahuta, bahwa China dan Selandia Baru selalu menghormati dan mempercayai satu sama lain, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China.



Selandia Baru telah lama dipandang sebagai suara moderat terhadap China dalam aliansi berbagi intelijen Five Eyes yang juga melibatkan Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan Kanada. Tetapi, nada keamanan Selandia Baru dan kehadiran China yang tumbuh di Pasifik Selatan semakin kuat dalam setahun terakhir setelah China dan Kepulauan Solomon mencapai pakta keamanan.

Selandia Baru secara konsisten menyatakan keprihatinan tentang potensi militerisasi Pasifik, di tengah pembangunan militer China di Laut China Selatan.

Mahuta mengatakan negara-negara berharap untuk melanjutkan dialog tatap muka tentang berbagai masalah setelah jeda beberapa tahun dalam kontak tatap muka.

Dia mengundang Qin untuk mengunjungi Selandia Baru, dan juga menandai potensi kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins ke China, mungkin tahun ini. Hipkins menjadi perdana menteri pada Januari setelah Jacinda Ardern mengundurkan diri.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)