Biden: AS Tidak Cari Konflik dengan Iran, Tapi Siap Bertindak Tegas

Sabtu, 25 Maret 2023 - 17:01 WIB
loading...
A A A
AS belum memberikan penjelasan tentang operasinya selain mengatakan itu dilakukan di Suriah timur terhadap fasilitas yang digunakan oleh kelompok yang berafiliasi dengan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.

“Serangan presisi ini dimaksudkan untuk melindungi dan membela personel AS. Amerika Serikat mengambil tindakan proporsional dan disengaja yang dimaksudkan untuk membatasi risiko eskalasi dan meminimalkan korban,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin sesudahnya.

“Tidak ada kelompok yang akan menyerang pasukan kita tanpa hukuman,” Austin memperingatkan.

Media lokal pada Jumat malam melaporkan bahwa pasukan AS dan gerilyawan yang didukung Iran terlibat baku tembak di beberapa lokasi di dalam Suriah.



Sementara itu, anggota parlemen dari Partai Republik menyuarakan rasa frustrasi mereka dengan serangan terhadap pasukan AS dan menyalahkan presiden AS.

Senator Lindsey Graham mengatakan dalam sebuah tweet bahwa kesalahan utama atas kegagalan kebijakan luar negeri dan situasi militer AS terletak pada Presiden Biden." Dia kemudian menyerukan untuk menyerang kilang Iran sebagai tanggapan.

“Untuk setiap serangan terhadap Amerika di masa depan, hancurkan kilang Iran dan infrastruktur minyak dan gas mereka. Itu akan mengirimkan pesan yang kuat,” ujar Graham.

Berbicara tentang 78 serangan Iran terhadap pasukan AS sejak 2021, anggota Kongres Lisa McClain berkata: "Lemahnya kepemimpinan Presiden Biden membahayakan prajurit dan wanita kita!"

Mike Rogers, ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR AS, mengatakan bahwa militer AS akan merespons "dengan kuat" terhadap pihak yang merugikan Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)