Kebakaran Besar Landa Katedral di Kota Nantes Prancis

Sabtu, 18 Juli 2020 - 16:29 WIB
loading...
Kebakaran Besar Landa Katedral di Kota Nantes Prancis
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan kebakaran di Gereja Katedral Saint Pierre dan Saint Paul di Nantes, Prancis. Foto/Russia Today
A A A
PARIS - Kebakaran besar melanda sebuah katedral di kota Nantes, Prancis barat. Demikian pernyataan yang dikeluarkan layanan darurat kota itu.

"Kebakaran itu tidak terkendali, itu sangat cepat. Itu adalah kebakaran besar," kata pusat operasi darurat kota itu, seraya menambahkan bahwa para kru pemadam kebakaran disiagakan sebelum jam 08.00 pagi waktu setempat dan 60 petugas pemadam kebakaran telah diberangkatkan seperti dikutip dari France24, Sabtu (18/7/2020).

Belakangan petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka telah berhasil menguasai kebakaran tersebut

Rekaman video dari tempat kejadian menunjukkan asap mengepul dari Katedral Saint Pierre dan Saint Paul, yang berasal dari abad ke-15. Api juga terlihat berasal dari dalam gedung dalam cuplikan yang dirilis oleh pemadam kebakaran Prancis, yang mengerahkan puluhan petugas pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk mengatasi kebakaran besar itu.

Beberapa jam kemudian pejabat darurat mengumumkan bahwa api telah diatasi dan mencatat bahwa kerusakannya tidak sebanding dengan kebakaran tahun lalu di katedral Notre Dame Paris.

"Kerusakan terkonsentrasi pada organ, yang tampaknya benar-benar hancur. Platformnya sangat tidak stabil dan bisa runtuh," kata kepala pemadam kebakaran daerah Jenderal Laurent Ferlay kepada wartawan di depan katedral seperti dilansir dari Russia Today.

Seorang saksi mata yang tinggal di dekat katedral sebelumnya mengatakan kepada outlet berita LCI bahwa dia dikejutkan oleh suara lonceng yang sangat aneh dan dia bisa melihat api dari rumahnya.

"Dari apa yang bisa saya lihat, ada lebih banyak dan lebih banyak asap," ujarnya.

Atap katedral Katolik sebelumnya mengalami kebakaran pada tahun 1972. Bangunan yang mengesankan itu harus ditutup selama tiga tahun untuk restorasi. Gereja ini juga sebagian dihancurkan selama Perang Dunia Kedua ketika dibom oleh pasukan Sekutu pada tahun 1944.

Kebakaran ini terjadi lebih dari setahun setelah Notre Dame menjadi korban kebakaran besar, yang menghancurkan menara utama dan menyebabkan kerusakan yang luas.(Baca: Katedral Notre-Dame yang Bersejarah di Paris Dilalap Api )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)