Negara NATO Ini Akan Kerahkan Sistem Roket HIMARS di Depan Pintu Rusia

Sabtu, 18 Maret 2023 - 04:19 WIB
loading...
Negara NATO Ini Akan Kerahkan Sistem Roket HIMARS di Depan Pintu Rusia
Polandia, salah satu negara NATO, berniat mengerahkan sistem roket HIMARS Amerika Serikat di depan pintu Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Polandia, salah satu negara NATO, berencana mengerahkan sejumlah sistem roket canggih HIMARS Amerika Serikat (AS) di "depan pintu" Rusia .

Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan negaranya berniat untuk menempatkan sejumlah sistem roket tersebut di wilayah negaranya yang berbatasan dengan Rusia.

Blaszczak mengatakan baterai sistem HIMARS telah diperoleh pada 2019, dan pengumuman terkait rencana pengerahannya muncul setelah Kongres AS menyetujui 500 modul pengisian daya HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) untuk pertahanan Ukraina.



“Sampai akhir tahun 2023, sistem artileri roket HIMARS AS akan digunakan oleh divisi mekanik ke-16 tentara Polandia, yang dikerahkan di dekat perbatasan dengan wilayah Kaliningrad Rusia,” kata Blaszczak pada hari Jumat, mencatat keberhasilan misi sistem tersebut dalam pertahanan udara Ukraina, sebagaimana dikutip Newsweek, Sabtu (8/3/2023).

Sehari sebelumnya, Blaszczak mengumumkan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 800 rudal Hellfire untuk digunakan pada sejumlah helikopter pendukung.

Itu juga terjadi di tengah kekhawatiran bahwa Rusia berpotensi meningkatkan kekerasan ke wilayah NATO seperti Polandia, yang baru-baru ini menjadi negara pertama NATO yang memberi Ukraina pesawat tempur untuk melawan invasi Moskow.

Pada bulan Februari, mantan Presiden Rusia yang juga Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan satu-satunya cara bagi Moskow untuk memastikan perdamaian abadi dengan Ukraina adalah dengan mendorong mundur perbatasan negara-negara sekutunya sejauh mungkin, bahkan jika itu berarti mempertaruhkan konflik dengan anggota NATO seperti Polandia.

“Itulah mengapa sangat penting untuk mencapai semua tujuan operasi militer khusus. Untuk sejauh mungkin mendorong kembali perbatasan yang mengancam negara kita, bahkan jika itu adalah perbatasan Polandia,” tulis Medvedev di Telegram pada saat itu.

Rusia, sementara itu, telah mulai meningkatkan aktivitasnya sendiri di Polandia dengan maksud yang jelas untuk mengganggu bantuan negara tersebut ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)