Lebih dari 20 Merek Kurma Israel Banjiri Dunia, Muslim Serukan Boikot

Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:55 WIB
loading...
Lebih dari 20 Merek Kurma Israel Banjiri Dunia, Muslim Serukan Boikot
Umat Islam di Prancis menyerukan boikot kurma Israel saat Ramadan. Foto/samidoun.net
A A A
TEPI BARAT - Sebanyak 75% kurma Medjoul di seluruh dunia yang dipasarkan sebagai “produk Israel”, ditanam di tanah Palestina yang dicuri Zionis.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar kurma ditanam di permukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

“Hingga 80% dari semua kurma yang diproduksi secara ilegal ini diekspor ke seluruh dunia,” ungkap laporan Samidoun.net yang menggalang boikot untuk kurma Israel.

Menurut laporan itu, Israel adalah pengekspor kurma terbesar ketiga di dunia, dengan ekspor senilai USD181 juta pada tahun 2017.

Di sisi lain, ribuan tahanan Palestina menyambut Ramadan di dalam penjara Israel. Mereka kehilangan keluarga dan orang yang mereka cintai.



Sementara komunitas dan orang yang mereka cintai dijauhkan dari para pejuang kebebasan ini dengan jeruji besi dan dinding penjara pendudukan.

Jutaan lebih warga Palestina yang menyambut Ramadan menghadapi penghancuran rumah, penyitaan tanah, rasisme sistematis dan apartheid, pengepungan yang mematikan, eksekusi di luar hukum, pendudukan militer, dan penjajah pemukim.

Selama lebih dari 74 tahun, pengungsi Palestina telah ditolak haknya untuk kembali ke rumah, tanah dan properti mereka oleh pendudukan Zionis.

Pada saat yang sama, perusahaan pendudukan Israel memasarkan produk tanah Palestina yang mereka curi, ke seluruh dunia yakni kurma medjoul.

Dalam kebanyakan kasus, perusahaan besar Israel ini mengeksploitasi tenaga kerja Palestina serta tanah Palestina untuk membawa kurma ini ke pasar internasional, sementara orang Palestina yang menanam kurma ini dan di tanah tempat kurma ini ditanam tidak diberi akses, kendali atasnya, dan hasil dari sumber daya mereka oleh pendudukan Israel.

Para pekerja pertanian Palestina di Gaza pun menyerukan boikot kurma Israel.

Produsen kurma pemukiman Israel sering mempekerjakan pekerja anak Palestina untuk memproduksi dan mengemas kurma dalam kondisi yang berbahaya dan melelahkan.

Untuk pekerja dari segala usia, mereka seringkali harus berada 12 meter di atas tanah di pohon kurma sepanjang hari, bahkan tidak boleh istirahat ke toilet.

Banyak organisasi di seluruh dunia menyoroti kampanye untuk memboikot kurma Israel. Mereka pun mendukung produsen dan kelompok petani Palestina dengan membeli kurma Palestina.

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, Muslim Amerika untuk Palestina (AMP) mengorganisir kampanye untuk “Berbuka Puasa dengan Keadilan”.

AMP mencatat ekspor kurma Israel ke AS turun dalam beberapa tahun terakhir dan menekankan pentingnya boikot dalam mengurangi kurma apartheid Israel.

Di AS, berikut ini berbagai merek kurma Israel untuk diboikot:

1. Hadiklaim

2. Jordan River

3. King Solomon

4. Jordan Plains

5. Carmel

6. Kalahari

7. Karsten Farms

8. Tamara Barhi

9. Desert Diamond

10. Rapunzel

11. Bomaja

12. Shams

13. Delilah

14. Mehadrin

15. Premium Medjoul

16. Fancy Medjoul

17. Royal Treasure

18. Red Sea

19. Bonbonierra

Kurma asli Palestina yang disarankan dibeli umat Islam di AS yakni Jericho Delights, kurma asli Palestina yang tersedia di banyak toko lokal.

Secara online, Penny Appeal menjual kurma asli Palestina bekerja sama dengan AMP. Ziyad Palestine Dates memasarkan Kurma Palestina dan Kurma Sultan.

Kanada

Koalisi Muslim BDS Kanada menawarkan panduan untuk memboikot kurma Israel di Kanada Ramadan ini.

Merek kurma Israel untuk diboikot di Kanada:

1. Hadiklaim

2. Jordan River

3. Bomaja

4. La Palma

5. Mehadrin

6. King Solomon

7. Prana

8. NBF (tanpa merek)

9. Setiap kurma Medjoul yang negara asalnya tidak ditandai dengan jelas

Golden Valley Dates telah berulang kali memasarkan Kurma Apartheid Israel di Kanada. Pada tahun 2021, Golden Valley telah mengimpor beberapa kurma Palestina yang sah dari Palestine Gardens/Sinnokrot.

Masih banyak kurma Golden Valley yang tidak berlabel dan tidak bertanda yang dijual di toko-toko. Jika asal kurma tidak diketahui dengan jelas, Muslim disarankan tidak membelinya.

Kurma Palestina yang disarankan untuk dibeli demi mendukung petani Palestina yakni Jericho Delights, Lara, Green World, dan Palestine Gardens yang menjual kurma Palestina yang sah.

Palestine Just Trade memasarkan kurma Palestina yang sah dari Al-Rwad di Jericho, Palestina. Seperti di AS, Penny Appeal memasarkan kurma Palestina yang sah.

Buycott Palestine menawarkan Jericho Delights dengan lokasi penjemputan di berbagai kota di Kanada.

Perancis

Collectif Palestine Vaincra memberi informasi komprehensif tentang boikot kurma Israel di Prancis.

CAPJPO-EuroPalestine juga menjelaskan informasi tentang kurma Israel dan kampanye untuk menghentikan mereka.

Merek kurma Israel untuk diboikot di Prancis:

1. Hadiklaim

2. Mehadrin

3. Mtex

4. Jordan River

5. King Salomon

6. Jordan Plains

7. Carmel

8. Brousse

9. Lidl Deluxe

10. La Favorite

Kurma asli Palestina yang disarankan dibeli Muslim di Prancis yakni Solivr.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)