Taiwan Siapkan Anggaran Pertahanan untuk Hadapi Blokade Total China

Senin, 13 Maret 2023 - 22:01 WIB
loading...
Taiwan Siapkan Anggaran Pertahanan untuk Hadapi Blokade Total China
Deretan jet tempur Angkatan Udara Taiwan Mirage-2000 selama latihan militer untuk menguji kesiapan menjelang Tahun Baru Imlek, di Hsinchu, Taiwan, pada 16 Januari 2019. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Anggaran pertahanan Taiwan tahun ini akan fokus pada persiapan senjata dan peralatan untuk menghadapi "blokade total" oleh China.

Belanja pertahanan itu termasuk untuk suku cadang pesawat tempur F-16 dan pengisian senjata. Laporan itu diungkap militer Taiwan.

China memandang Taiwan sebagai wilayahnya sendiri. Beijing mengadakan latihan perang di sekitar pulau itu pada Agustus.

Militer China juga menembakkan rudal di atas Taipei dan mendeklarasikan zona larangan terbang dan larangan berlayar dalam simulasi tentang bagaimana China berusaha mengisolasi Taiwan dalam perang.



Dalam laporan yang meminta persetujuan anggaran parlemen, yang salinannya ditinjau Reuters pada Senin (13/3/2023), Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan mengatakan pihaknya mulai meninjau cadangan bahan bakar strategis dan kemampuan perbaikannya tahun lalu, tetapi tidak memberikan perincian.

“Dalam antisipasi blokade total Selat Taiwan, pengeluaran tahun ini akan mencakup pengisian stok artileri dan roket, serta suku cadang untuk pesawat tempur F-16 untuk memperkuat kontinuitas pertempuran,” papar Kemhan Taiwan.

Dalam pembaruan penilaian ancamannya dari China, Kemhan Taiwan mengatakan militer China telah melakukan operasi pasukan gabungan dengan tujuan mengendalikan titik-titik penting strategis dan menolak akses ke pasukan asing.



“Baru-baru ini, model latihan dan pelatihan militer Komunis telah disesuaikan dari satu jenis militer menjadi operasi gabungan pasukan darat, laut, udara dan roket,” ungkap Kemhan Taiwan dalam laporan tersebut, yang dikeluarkan menjelang pertemuan Menteri Pertahanan Chiu Kuo-cheng dan parlemen pada Rabu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)