Wali Kota Seoul Dorong Korea Selatan Segera Punya Senjata Nuklir

Senin, 13 Maret 2023 - 15:15 WIB
loading...
Wali Kota Seoul Dorong Korea Selatan Segera Punya Senjata Nuklir
Wali Kota Seoul Oh Se-hoon. Foto/yonhap
A A A
SEOUL - Wali Kota Seoul Oh Se-hoon menegaskan konflik di Ukraina membuktikan Korea Selatan (Korsel) perlu mendapatkan senjata nuklir untuk melawan ancaman yang ditimbulkan senjata nuklir Korea Utara (Korut).

“Korea Utara hampir berhasil membuat miniaturisasi dan meringankan senjata nuklir taktis dan mengamankan setidaknya puluhan hulu ledak,” ujar Oh Se-hoon dalam wawancara dengan Reuters, Senin (13/3/2023).

“Dalam situasi seperti itu, sulit meyakinkan orang dengan logika bahwa kita harus menahan diri untuk tidak mengembangkan senjata nuklir dan tetap berpegang pada tujuan denuklirisasi,” papar dia.

Wali Kota Seoul mengatakan konflik Rusia-Ukraina telah meyakinkannya bahwa Korea Selatan harus mencari pencegahan nuklir.



Seoul merupakan ibu kota Korsel dengan hampir setengah dari populasi negara itu yang berjumlah 51 juta.

“Rusia dengan bebas melanggar wilayah udara Ukraina, menerbangkan pesawat pengebom dan menembakkan rudal… tetapi Ukraina nyaris tidak menyerang wilayah Rusia karena inferioritas psikologis terhadap negara nuklir,” ujar Oh.

Menurut wali kota ibu kota, Korea Selatan harus mendorong untuk mendapatkan nuklir terlepas dari kemungkinan reaksi dan sanksi internasional.

“Mungkin ada beberapa penolakan awal dari komunitas internasional, tetapi saya yakin pada akhirnya akan mendapatkan lebih banyak dukungan,” ungkap dia.

Oh telah menjadi salah satu pejabat paling tinggi di Partai Kekuatan Rakyat konservatif Presiden Yoon Suk Yeol yang mengadvokasi Korea Selatan untuk menggunakan nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)