Iran Capai Kesepakatan Beli Jet Tempur Su-35 Rusia

Sabtu, 11 Maret 2023 - 20:49 WIB
loading...
Iran Capai Kesepakatan Beli Jet Tempur Su-35 Rusia
Iran capai kesepakatan beli jet tempur Su-35 Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Media pemerintah Iran melaporkan Teheran telah menyelesaikan kesepakatan untuk membeli jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia . Laporan ini muncul saat kerja sama pertahanan antara kedua negara semakin dalam.

Angkatan udara Iran yang terkena sanksi memiliki armada pesawat yang sudah tua dan telah berjuang untuk mendapatkan suku cadang untuk mempertahankan pesawat tempurnya di udara.

Dalam sebuah pernyataan kepada PBB, Teheran mengatakan pihaknya mulai mendekati negara-negara untuk membeli jet tempur untuk mengisi kembali armadanya setelah perang Iran-Irak 1980-88.



"Rusia mengumumkan siap untuk menjualnya setelah berakhirnya pembatasan pembelian senjata konvensional Iran pada Oktober 2020 di bawah Resolusi PBB 2231," kata pernyataan yang dirilis Jumat malam oleh kantor berita resmi Iran, IRNA.

“Jet tempur Sukhoi 35 secara teknis dapat diterima oleh Iran,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (11/3/2023).

Teheran telah menjalin hubungan yang kuat dengan Moskow di berbagai sektor termasuk militer dalam satu tahun terakhir.

Kiev menuduh Teheran memasok Moskow dengan drone "kamikaze" Shahed-136 yang digunakan dalam serangan terhadap sasaran sipil sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu - sebuah tuduhan yang dibantah oleh republik Islam itu.

Amerika Serikat (AS) telah menyatakan kekhawatiran atas kerja sama militer yang berkembang antara Iran dan Rusia, dengan juru bicara Pentagon John Kirby pada bulan Desember memperingatkan bahwa Rusia tampaknya akan menjual jet tempurnya kepada Iran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)