Utusan PBB Khawatirkan Peningkatan Kekerasan di Tepi Barat

Kamis, 09 Maret 2023 - 23:10 WIB
loading...
Utusan PBB Khawatirkan Peningkatan Kekerasan di Tepi Barat
Utusan PBB Khawatirkan Peningkatan Kekerasan di Tepi Barat. FOTO/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Utusan perdamaian Timur Tengah PBB, Tor Wennesland, mendesak Israel dan Palestina untuk menenangkan gelombang kekerasan di Tepi Barat yang diduduki. Seruan ini muncul sehari setelah serangan terbaru Israel yang menewaskan enam orang.

“Kita berada di tengah lingkaran kekerasan yang harus segera dihentikan,” kata Wennesland dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.



“Dewan Keamanan telah berbicara dengan satu suara, meminta para pihak untuk mengamati ketenangan dan menahan diri, dan untuk menahan diri dari tindakan provokatif, hasutan dan retorika yang menghasut,” lanjutnya.

Seruan itu datang sehari setelah pertempuran sengit selama serangan Israel di kota Jenin, Tepi Barat utara. Di wilayah itu, tentara Israel membunuh 6 warga Palestina, termasuk seorang anggota Hamas yang dituduh membunuh dua pemukim Israel bulan lalu.

Wennesland mengatakan, dia "khawatir" dengan kekerasan itu. Dalam ketegangan itu, pejuang Palestina meluncurkan roket bahu di tengah baku tembak yang sengit.

Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, menyebut penggunaan roket di kamp pengungsi Jenin sebagai tindakan "perang habis-habisan", lapor kantor berita Palestina Wafa.



Serangan Jenin adalah yang terbaru dari serangkaian operasi militer mematikan di wilayah Palestina, yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

Di antara enam orang yang tewas adalah Abdel-Fatah Hussein Khroushah, 49. Tentara Israel mengatakan dia adalah "operasi teroris" yang diduga membunuh dua pemukim Israel di kota Hawara, Palestina pada 26 Februari lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)