Jet Tempur Israel Gempur Bandara Suriah, 3 Tewas

Rabu, 08 Maret 2023 - 14:40 WIB
loading...
Jet Tempur Israel Gempur Bandara Suriah, 3 Tewas
Jet Tempur Israel Gempur Bandara Suriah, 3 Tewas. FOTO/Reuters
A A A
DAMASKUS - Jet tempur Israel menewaskan tiga orang dalam serangan di bandara Aleppo, Suriah , Selasa (7/3/2023). Gempuran militer Israel itu membuat arus bantuan bagi korban gempa menjadi terhenti.

Bandara tersebut telah menjadi saluran utama untuk penerbangan bantuan sejak gempa bumi 6 Februari menghancurkan wilayah tenggara Turki dan Suriah. Seorang pejabat Kementerian Transportasi di Suriah mengatakan, penerbangan bantuan termasuk yang dihentikan dari Aleppo, kota kedua terbesar di Suriah.



Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan sumber di Suriah yang dilanda perang, mengatakan, "seorang perwira Suriah" dan dua orang yang tidak diketahui kewarganegaraannya tewas dalam serangan udara itu.

Kementerian pertahanan Suriah mengatakan serangan itu terjadi pada pukul 02:07 (2307 GMT Senin). “Musuh Israel melakukan serangan udara dari Mediterania barat Latakia yang menargetkan bandara internasional Aleppo,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Suriah, seperti dikutip dari AFP.

Ditambahkan bahwa kerusakan memaksa pihak berwenang untuk menutup bandara untuk semua penerbangan. Lebih dari 80 penerbangan bantuan telah mendarat di Aleppo selama sebulan terakhir dengan pasokan bantuan untuk daerah yang dilanda gempa.

“Tidak mungkin lagi menerima penerbangan bantuan sampai kerusakan diperbaiki,” lanjut pernyataan itu, seraya menambahkan serangan Israel itu telah membuat landasan pacu tidak berfungsi. “Pengiriman bantuan telah dialihkan ke bandara Damaskus dan Latakia,” tambah pernyataan itu.



Kantor berita negara SANA mengatakan, pertahanan udara Suriah telah beraksi melawan "rudal musuh."
Seorang juru bicara militer Israel menolak mengomentari serangan yang dilaporkan. Sementara Observatorium mengatakan bandara itu diperkirakan akan dibuka kembali dalam beberapa hari setelah pekerjaan perbaikan.

Kementerian Luar Negeri Suriah mengecam "kejahatan ganda", dengan mengatakan serangan itu menargetkan "bandara sipil dan salah satu saluran utama untuk kedatangan bantuan kemanusiaan" kepada para korban gempa yang menewaskan sekitar 6.000 orang di Suriah.

Itu menandai serangan Israel kedua di wilayah yang dikuasai pemerintah sejak gempa berkekuatan 7,8 yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di kedua negara. “Pada 19 Februari, serangan udara Israel menewaskan 15 orang di distrik Damaskus yang menampung badan keamanan negara,” kata Observatorium.

Sekutu Damaskus, Iran, mengutuk serangan terbaru itu sebagai "kejahatan terhadap kemanusiaan", “Sementara korban gempa Suriah di Aleppo mengalami kondisi sulit, rezim Zionis (Israel) menyerang bandara Aleppo," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)