Zelensky Bertikai dengan Panglima Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny, Ini Sebabnya

Senin, 06 Maret 2023 - 21:14 WIB
loading...
Zelensky Bertikai dengan Panglima Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny, Ini Sebabnya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy bersama Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Valeriy Zaluzhnyi selama sidang parlemendi Kiev, Ukraina, 28 Juli 2022. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Konflik internal sedang berlangsung antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Valery Zaluzhny.

Kabar pertikaian itu diungkap sumber pemerintah Ukraina yang dikutip Bild pada Senin (6/3/2023).

Orang dalam Kiev mengatakan kepada tabloid Jerman itu bahwa panglima militer menyerukan penarikan pasukan dari kota utama Donbass beberapa pekan lalu.

“Zaluzhny menyarankan presiden meninggalkan Artyomovsk, yang dikenal sebagai Bakhmut di Ukraina, daripada terus mempertahankannya karena pasukan Rusia mengancam akan menguasai kota itu,” ungkap laporan surat kabar itu.



Namun pemimpin Ukraina menyatakan kota itu sebagai benteng, dan menolak menarik pasukan kembali.

Pasukan Rusia telah membuat kemajuan penting dalam perjuangan untuk Artyomovsk tahun ini.

Kepala perusahaan militer swasta Wagner Group Yevgeny Prigozhin mengklaim Jumat lalu bahwa wilayah itu "dikelilingi sepenuhnya secara de-facto," dengan hanya satu jalan yang tersedia untuk kemungkinan evakuasi.

Menurut media Amerika Serikat (AS), Washington telah mendesak Zelensky untuk menarik diri dari Artyomovsk dan fokus pada persiapan serangan balasan besar untuk musim semi menggunakan senjata yang dipasok Barat, tetapi presiden Ukraina khawatir pukulan moral yang akan ditimbulkan oleh tindakan seperti itu.

Kota ini merupakan bagian dari garis pertahanan Ukraina sepanjang 70 km yang dibuat sejak Kiev memprakarsai pertempuran di Donbass pada 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)