Ledakan Sonik Guncang Inggris, Tanah dan Rumah-rumah Bergetar

Senin, 06 Maret 2023 - 15:55 WIB
loading...
Ledakan Sonik Guncang Inggris, Tanah dan Rumah-rumah Bergetar
Jet tempur yang bergerak melebihi kecepatan suara diduga menyebabkan dentuman sonik. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Pesawat militer yang menyebabkan dentuman sonik dikirim untuk mengawal satu pesawat sipil yang kehilangan kontak saat bergerak melalui wilayah udara Inggris.

Ledakan sonik dahsyat yang dialami ratusan orang di Inggris tengah terjadi pada Sabtu (4/3/2023). “Dentuman yang mengguncang tanah dan membuat rumah-rumah bergoyang itu disebabkan oleh pesawat militer Inggris,” ungkap laporan media setempat.

Pesawat tempur, sepasang jet tempur RAF Typhoon, dikerahkan untuk mencegat satu pesawat kecil yang menuju Islandia ke Kenya yang mengalami kerusakan radio saat melewati wilayah udara Inggris.

Pesawat militer melanjutkan mengawal pesawat tersebut ke Bandara Stansted di London di mana ternyata pesawat sipil tersebut hanya mengalami kerusakan peralatan.

"Petugas terlibat dengan mereka dan melakukan penyelidikan dan lega bahwa kehilangan kontak itu karena kerusakan peralatan dan tidak ada masalah," papar pejabat polisi Essex seperti dikutip salah satu surat kabar Inggris.



Pejabat itu menjelaskan, "Pesawat dan orang-orang di dalamnya kini telah dibebaskan untuk melanjutkan perjalanan mereka."

Sebelumnya, sejumlah pengguna media sosial bertanya-tanya tentang kemungkinan penyebab ledakan sonik, dengan beberapa menduga kemungkinan ledakan gas.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)