Polandia Pilih Perusahaan AS untuk Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pertama

Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:15 WIB
loading...
Polandia Pilih Perusahaan AS untuk Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pertama
Pembangkit Listrik Belchatow, pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar di Eropa yang dioperasikan PGE Group, di dekat Belchatow, Polandia. Foto/REUTERS/Kacper Pempel
A A A
WARSAWA - Polandia menandatangani kesepakatan dengan Westinghouse Electric Company untuk kerja sama pra-desain pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pertama Warsawa.

PLTN itu akan menggunakan teknologi perusahaan Amerika Serikat (AS) tersebut, menurut laporan Associated Press (AP) pekan ini.

Menurut AP, perjanjian itu ditandatangani Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Polandia Anna Moskwa dan Duta Besar AS untuk Polandia Mark Brzezinski saat kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Warsawa.

Moskwa menyoroti pembangunan PLTN diharapkan akan dimulai pada tahun 2026, dengan fasilitas tersebut akan mulai memasok jaringan listrik Polandia pada tahun 2032.



Warsawa menerima tawaran AS untuk membangun pembangkit listrik itu pada bulan Oktober. Berdasarkan ketentuannya, investor asing harus menyediakan teknologi dan membantu pengelolaan dan pendanaan, dengan imbalan 49% saham dalam proyek tersebut.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengusulkan proyek tersebut sebagai cara bagi Polandia untuk mengurangi emisi karbon dan menghapus batu bara.

Negara ini mendapatkan hampir 70% energinya dari batu bara hitam dan coklat serta telah berupaya merangkul energi terbarukan.

Warsawa menghentikan impor gas alam Rusia pada bulan April, dengan alasan konflik di Ukraina.

Satu pipa yang menyalurkan gas alam dari Norwegia diresmikan pada bulan September, hanya sehari sebelum pipa Nord Stream dari Rusia ke Jerman diledakkan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)