Bocorkan Rahasia ke Rusia, Ini Profil Carsten Linke Intel Jerman yang Berkhianat

Selasa, 21 Februari 2023 - 14:46 WIB
loading...
Bocorkan Rahasia ke Rusia, Ini Profil Carsten Linke Intel Jerman yang Berkhianat
Carsten Linke, agen intelijen Jerman yang diduga membocorkan rahasia negara kepada intelijen Rusia. Foto/Merkur/Craig Stennett/The Telegraph
A A A
JAKARTA - Nama Carsten Linke baru-baru ini tengah menjadi sorotan karena diduga membocorkan rahasia negara ke Rusia. Media lokal, menyebut agen intelijen Jerman itu telah membocorkan posisi sIstem roket HIMARS Amerika Serikat di Ukraina kepada intelijen Rusia.

Selain menjadi agen intelijen, Linke juga terkenal sebagai pelatih sepak bola sukarelawan Jerman.

Lantaran skandal kebocoran rahasia negara, dia dianggap sebagai agen ganda.

Pada bulan Desember 2022, sepak terjang spionase Linke tiba-tiba berakhir ketika dia ditangkap oleh polisi Jerman atas tuduhan makar. Sejak itu, identitasnya sebagai agen intelijen terungkap dan tersebar.



Linke diketahui berumur 52 tahun, sudah menikah, dan mempunyai dua anak. Linke selama ini lebih dikenal sebagai seorang pelatih tim sepak bola junior di Weilheim, Bavaria, Jerman tenggara.

Sebelum ditangkap, Linke bertugas sebagai pengelola unit yang berfokus pada komunikasi asing dan keamanan internal di Badan Intelijen Federal Jerman (BND).

Jabatan yang dimilikinya tersebut sangatlah mentereng. Linke dianggap sebagai bintang baru di dalam BND karena memiliki akses ke informasi sensitif yang diberikan oleh mata-mata Barat.

Linke dituduh telah membocorkan rahasia intelijen Jerman ke Moskow, beberapa di antaranya berkaitan dengan Ukraina.

Diklaim bahwa dengan bantuan seorang kurir, Linke menggunakan posisinya untuk menyampaikan informasi secara diam-diam ke Moskow dalam dua kasus terpisah.

Arthur E merupakan salah seorang pengusaha Jerman kelahiran Rusia yang diduga membantu Linke dalam meneruskan informasi tersebut. Dalam kasus ini Arthur berstatus sebagai saksi mahkota.

Arthur telah mengakui bahwa tindakannya tersebut dilakukan karena telah menerima sejumlah uang dalam setiap misinya. Namun sampai saat ini pengacara dari Linke belum membuat pernyataan apapun terkait dengan kasus kliennya.

Di sisi lain, pihak Jerman kini terus mencoba untuk mendalami kasus dari Linke untuk menentukan apakah Linke bertindak secara berkelompok maupun secara independen.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)