Kepala Pentagon Sebut AS Siap Membela Sekutu Mereka di Baltik

Jum'at, 17 Februari 2023 - 06:00 WIB
loading...
Kepala Pentagon Sebut AS Siap Membela Sekutu Mereka di Baltik
Kepala Pentagon Sebut AS Siap Membela Sekutu Mereka di Baltik. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin mengatakan, AS siap membela negara-negara Baltik Estonia , Latvia, dan Lituania jika diperlukan. AS juga akan mempertahankan kehadiran militernya di wilayah tersebut.

"Kami berkomitmen pada Pasal 5, Anda bisa bertaruh untuk itu," kata Austin, mengacu pada persyaratan dalam Piagam NATO, bahwa setiap anggota aliansi saling membela jika mereka diserang.



Berbicara di Tallinn, setelah pembicaraan dengan para pemimpin Estonia, Austin mengatakan, AS akan terus mempertahankan kehadiran militer yang "terus-menerus dan bergilir" di wilayah tersebut.

"Amerika Serikat tetap teguh berkomitmen pada kebebasan dan kedaulatan sekutu Baltik kami," kata Austin pada konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters.

Tiga Negara Baltik, tetangga Rusia dan sekutunya Belarusia, pernah diperintah dari Moskow tetapi sekarang menjadi bagian dari NATO dan Uni Eropa.



Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur mengatakan negaranya "bekerja untuk mencegah" diserang jika Rusia tidak dihentikan di Ukraina.

"Pencegahan adalah satu kata kunci di sini. Inilah mengapa NATO membuat rencana pertahanan regional baru yang diharapkan akan disetujui dalam KTT NATO Vilnius pada bulan Juli," kata Hanno.

Sejak 2019, Amerika Serikat telah mengerahkan kelompok bergilir yang terdiri dari sekitar 500 tentara dan peralatan di Lituania, dan pada bulan Desember mengumumkan peleton sistem roket artileri HIMARS dan kompi infanteri di Estonia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)