Buku Putih Pertahanan Korsel Sebut Korut Musuh, Punya Cadangan Plutonium 70 Kg

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:04 WIB
loading...
Buku Putih Pertahanan Korsel Sebut Korut Musuh, Punya Cadangan Plutonium 70 Kg
Buku putih pertahanan Korsel sebut Korut musuh, punya cadangan plutonium 70 Kg. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) merilis buku putih pertahanan terbarunya pada Kamis (16/2/2023). Menariknya, untuk pertama kali dalam enam tahun, Korsel menyebut tetangganya Korea Utara (Korut) sebagai musuh dan melaporkan meningkatnya persediaan plutonium Pyongyang.

Buku putih dua tahunan itu menawarkan sekilas tentang gudang senjata nuklir dan rudal Korut yang semakin tertutup, serta kemampuan militer konvensionalnya.

Makalah tahun 2022 itu menghidupkan kembali deskripsi rezim dan militer Korut sebagai "musuh kita", yang terakhir digunakan dalam edisi 2016, mengutip pengembangan senjata Pyongyang yang sedang berlangsung, provokasi dunia maya dan militer, serta penggambaran Korsel baru-baru ini sebagai "musuh".

"Karena Korea Utara terus memberikan ancaman militer tanpa menyerahkan senjata nuklirnya, rezim dan militernya, yang merupakan agen utama eksekusi, adalah musuh kita," kata dokumen itu seperti dikutip dari Reuters.



Dokumen itu mengatakan untuk menambah stok nuklirnya, Korut terus memproses ulang bahan bakar bekas dari reaktornya dan memiliki sekitar 70kg (154lb) plutonium tingkat senjata, naik dari 50kg yang diperkirakan dalam laporan sebelumnya.

Korut juga telah mengamankan uranium yang sangat diperkaya dalam jumlah "substansial" dan "tingkat kemampuan yang signifikan" untuk mengecilkan bom atom melalui enam uji coba nuklir, deskripsi yang tetap tidak berubah sejak 2018.

"Militer kami memperkuat pengawasan karena kemungkinan uji coba nuklir tambahan meningkat," kata dokumen itu, mengutip restorasi terowongan yang sebelumnya hancur di lokasi pengujia nuklir Korut pada tahun lalu.



Dokumen itu juga mengatakan Korut tahun lalu telah 15 kali melanggar pakta militer antar-Korea 2018 yang melarang permusuhan, termasuk intrusi pesawat tak berawak pada Desember, tembakan artileri di dalam zona penyangga militer, dan meluncurkan rudal melintasi perbatasan maritim de facto ke Korsel pada November.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)