Diplomat AS-China Pertimbangkan Pertemuan Perdana Usai Insiden Balon Mata-mata

Selasa, 14 Februari 2023 - 05:00 WIB
loading...
Diplomat AS-China Pertimbangkan Pertemuan Perdana Usai Insiden Balon Mata-mata
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken sedang mempertimbangkan pertemuan dengan Wang Yi, diplomat top China , pada konferensi keamanan akhir pekan ini, sebut sejumlah sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Jika terwujud, ini akan menjadi pembicaraan tatap muka pertama mereka sejak keributan atas balon mata-maya China menyebabkan lonjakan ketegangan baru. Blinken dan Wang akan bertemu di Konferensi Keamanan Munich, yang berlangsung 17-19 Februari jika kedua belah pihak setuju.



Seperti dilaporkan Bloomberg, Blinken membatalkan perjalanannya ke Beijing, yang telah ditetapkan minggu lalu. Pembatalan ini terjadi setelah AS mengidentifikasi dugaan balon mata-mata China melayang di atas wilayah udara AS.

AS mengatakan akan mengirimkan kesan yang salah untuk mengunjungi Blinken saat balon masih di udara. Sehari setelah perjalanan dibatalkan, Pentagon menembak jatuh balon tersebut dari Carolina Selatan.

AS mengklaim balon itu adalah bagian dari program pengawasan global. Sementara China bersikeras bahwa itu adalah perangkat pemantau cuaca yang gagal.



Sejak balon pertama ditembak jatuh, lebih banyak objek tak dikenal telah terdeteksi di wilayah udara Amerika Utara, dengan tiga di antaranya ditembak jatuh dalam beberapa hari terakhir. Pada awal pekan ini, China menuduh AS mengirim lebih dari 10 balon ke wilayahnya sejak awal 2022.

“Tidak jarang balon AS secara ilegal memasuki wilayah udara negara lain,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin kepada wartawan pada briefing reguler di Beijing. “Kami berhak untuk mengambil cara yang diperlukan untuk menangani insiden yang relevan,” lanjutnya.

Hal itu mendorong penyangkalan dari juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson, yang menyebut klaim tersebut sebagai “contoh terbaru China yang berebut untuk melakukan pengendalian kerusakan.”
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)