Negara NATO yang Diancam Akan Dilenyapkan Rusia

Jum'at, 10 Februari 2023 - 13:15 WIB
loading...
Negara NATO yang Diancam Akan Dilenyapkan Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin pernah didesak untuk menyerang AS dengan rudal Sarmat. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Perang antara Rusia dan Ukraina masih berkecamuk hingga kini. Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) kian terlibat di kancah peperangan dengan mengirimkan senjata ke Ukraina untuk melawan Rusia. Rusia pun pernah mengancam negara-negara NATO dengan serangan nuklir.

Diketahui, Rusia memiliki senjata nuklir paling banyak di dunia. Negara ini telah menguji rudal balistik antarbenua RS-28 Sarmat yang canggih. Rusia juga memiliki rudal hipersonik berkemampuan nuklir Avangard di gudang senjatanya. Rudal ini dikatakan mampu melewati pertahanan udara yang ada karena kecepatan ekstrem dan kemampuannya melakukan manuver konstan selama peluncuran.

Lantas, negara NATO mana saja yang pernah diancam akan dilenyapkan Rusia? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) bergabung dengan NATO sejak awal berdirinya organisasi tersebut pada 1949. Sejak melakukan invasi ke Ukraina, Rusia mengerahkan gertakan berupa ancaman serangan nuklir terhadap negara-negara yang mencoba intervensi, termasuk kepada AS.

Sebelumnya, Rusia sebenarnya juga pernah memberikan ancaman yang sama pada AS jika Washington melakukan serangan rudal balistik dengan nuklir low-yield terhadap Moskow pada 2020 silam. Saat itu, menurut Rusia, setiap serangan menggunakan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam AS, termasuk serangan nuklir, akan ditanggapi dengan senjata nuklir.

2. Inggris

Inggris telah menjadi anggota NATO sejak 1949. Pada September 2022, mantan penasihat utama Presiden Rusia Vladimir Putin, yaitu Sergei Markov, mengancam Inggris dengan serangan nuklir. Hal itu disampaikannya dalam sebuah wawancara dengan BBC. Menurutnya, Putin siap melancarkan senjata nuklirnya untuk melawan Barat, termasuk Inggris.

Sementara itu, mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Jhonson mengaku pernah diancam Presiden Rusia Vladimir Putin dengan rudal, dalam pembicaraan dirinya dengan Putin sebelum invasi terjadi.

Namun, Rusia membantah pernyataan yang dituturkan oleh Johnson, seperti disampaikan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada Januari 2023. Sebagai buntut dari janji Inggris kepada Ukraina untuk memberikan tank tempur British Challenger 2, Rusia juga memberikan ancaman kepada negara yang dipimpin PM Rishi Sunak itu.

3. Jerman

Jerman resmi menjadi anggota ke-15 NATO sejak 6 Mei 1955. Dikutip dari laman Anadolu Agency, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan melenyapkan Jerman dengan menggunakan senjata nuklir jika Jerman mengirimkan tank ke Ukraina. Perang antara Rusia dengan Ukraina membuat Jerman ingin membantu dengan mengirimkan senjata perang ke Ukraina. Jerman telah memberikan bantuan keuangan dan militer ke Ukraina berupa tank Leopard, serta berjanji untuk membantu membangun kembali tentara Ukraina.

Sebelumnya, Jerman enggan mengirim tank karena khawatir akan memicu amarah Rusia. Namun baru-baru ini, Jerman dikabarkan siap pengiriman tank Leopard 2, setelah memastikan AS juga sedang di tahap finalisasi rencana pengerahan tank M1 Abrams ke Ukraina.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)