5 Fakta Eagle 44, Pangkalan Udara Bawah Tanah Iran yang Menggemparkan

Kamis, 09 Februari 2023 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Adapun hal tersebut pernah disampaikan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammed Bagheri dalam salah satu keterangannya.

“Setiap serangan terhadap Iran dari musuh kita, termasuk Israel, akan mendapat tanggapan dari banyak pangkalan angkatan udara kita, termasuk Eagle 44," ucap Bagheri (9/2/2023).

3. Dilengkapi Fasilitas Mumpuni

Pangkalan Eagle 44 memang disebutkan bisa menampung berbagai jenis jet tempur maupun kendaraan udara tanpa awak (UAV). Akan tetapi, tempat tersebut masih memiliki fasilitas lain yang bisa digunakan.

Mengutip laman Airforce Technology, pangkalan udara bawah tanah ini disebut memiliki berbagai fasilitas seperti pos peringatan dan komando, hangars, fasilitas navigasi dan bandara, tempat pemeliharaan (maintenance sites), dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, IRNA menyampaikan bahwa Eagle 44 berada di lokasi yang disembunyikan. Adapun tujuannya adalah sebagai fasilitas operasi udara mendadak, sehingga bisa membuat musuh terkejut.

4. Tujuan Pembangunan

Pangkalan udara bawah tanah Iran ini dirancang untuk menahan kemungkinan serangan pembom penghancur bunker milik Amerika Serikat.

Mengutip SCMP, meski lokasinya belum diungkap secara detail, namun IRNA mengatakan bahwa Eagle 44 berada pada kedalaman ratusan meter di bawah pegunungan.

Selain bisa menahan serangan pesawat pembom AS, tujuan lain Teheran membangunnya adalah karena ingin melindungi aset militernya dari potensi serangan musuh-musuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)