5 Fakta Georgia, Negara yang Tidak Ikut Memberi Sanksi Untuk Rusia

Selasa, 07 Februari 2023 - 22:01 WIB
loading...
5 Fakta Georgia, Negara yang Tidak Ikut Memberi Sanksi Untuk Rusia
Para pelancong berjalan setelah melintasi perbatasan dengan Rusia di pos pemeriksaan perbatasan Verkhny Lars dan Zemo Larsi, Georgia, 28 September 2022. Foto/REUTERS/Irakli Gedenidze
A A A
TBILISI - Georgia menjadi salah satu negara yang enggan memberi sanksi pada Rusia yang telah melakukan invasi ke Ukraina.

Dilansir dari Eurasianet, Pemerintah Georgia tidak berniat bergabung dalam upaya sanksi apapun terhadap Rusia, menurut Perdana Menteri Irakli Garibashvili.

Mereka berpegang teguh pada apa yang disebutnya "kebijakan pragmatis" Tbilisi di tengah meluasnya tanggapan internasional terhadap serangan Rusia terhadap Ukraina.

Keputusan ini diambil Georgia lantaran enggan memprovokasi kemarahan Rusia, meskipun memiliki hubungan yang baik dengan AS dan Eropa.

Terdapat beberapa fakta menarik tentang Georgia dimana salah satunya bisa jadi menjadi penyebab mengapa negara tersebut enggan memberikan sanksi.

1. Berada di Wilayah Asia

Secara geografis, Georgia terletak di persimpangan Asia Barat dan Eropa Timur. Berbatasan dengan Laut Hitam di barat, Rusia di utara, dan Turki, Armenia, Azerbaijan di selatan.

Menentukan Georgia termasuk dalam benua Eropa atau Asia ini memang cukup membingungkan. Karena secara garis wilayah negara ini masih termasuk dalam benua Asia bila perbatasan ditentukan oleh Pegunungan Kaukasus.

Menurut World Atlas, banyak orang Georgia yang mengklasifikasikan negaranya sebagai bagian dari Eropa.

Sehingga bila ditarik garis tengah, negara ini termasuk dalam Eurasia yang bisa masuk ke wilayah Asia maupun Eropa tergantung pada definisi mana yang digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)