Incar Jet Tempur F-16, Ukraina Dekati Negara NATO

Senin, 06 Februari 2023 - 09:50 WIB
loading...
Incar Jet Tempur F-16, Ukraina Dekati Negara NATO
Ukraina sedang gencar mendekati negara NATO dalam upayanya untuk memperoleh jet tempur F-16 yang akan digunakan untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina sedang gencar berdiskusi dengan salah satu negara NATO, Polandia, dalam upanya untuk memperoleh jet tempur F-16 atau pun Gripen guna melawan invasi Rusia .

Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan negosiasi sedang dilakukan mengenai platform pesawat mana yang akan dipilih.

Pada konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszak, Reznikov mengatakan bahwa negosiasi sedang berlangsung dengan mitra Barat yang bertujuan untuk menentukan platform untuk transfer penerbangan taktis ke Ukraina.

“Apa itu—F-16 atau Gripen—adalah masalah diskusi dengan mitra NATO,” kata Reznikov, seperti dikutip Bulgarian Military, Senin (6/2/2023).



Menhan Reznikov, yang dilaporkan akan segera dicopot oleh Presiden Volodymyr Zelensky, juga mencatat bahwa "inisiatif tank" telah berkembang menjadi "koalisi tank" berkat Ukraina yang akan segera menerima tank standar NATO—Leopard, Abrams, Challenger, dan AMX-10 Prancis, dan Polandia adalah salah satunya penggerak proses ini.

“Selama konferensi video, kami membahas dengan mitra kami tentang kebutuhan Angkatan Bersenjata Ukraina, persyaratan untuk melatih tentara kami, dan masalah penting lainnya,” kata Reznikov.

Dia juga mengatakan bahwa pertemuan "koalisi tank" berikutnya akan diadakan pada pertengahan Februari di Brussels.

Presiden Zelensky meminta mitra Ramstein pada bulan Februari untuk mengoordinasikan pengiriman rudal jarak jauh dan pesawat tempur ke Ukraina.

Menurut laporan Politico, Amerika Serikat dapat mengizinkan sekutunya untuk mentransfer jet tempur F-16 ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)