Ukraina Incar Jet Tempur Canggih F-16 Amerika: Ini yang Kami Inginkan!

Kamis, 26 Januari 2023 - 10:12 WIB
loading...
Ukraina Incar Jet Tempur Canggih F-16 Amerika: Ini yang Kami Inginkan!
Ukraina menginginkan jet tempur canggih Barat seperti F-16 Amerika Serikat untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina mengatakan sekarang pihaknya akan mendorong pengiriman jet tempur canggih generasi keempat Barat seperti F-16 Amerika Serikat (AS) ke Kiev untuk melawan invasi Rusia .

Keinginan itu disampaikan setelah negara-negara NATO sepakat akan memasok Kiev dengan tank tempur modern, termasuk Leopard 2 dan Abrams.

“Rintangan besar berikutnya sekarang adalah jet tempur,” kata Yuriy Sak, penasihat Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov.

“Jika kita mendapatkan mereka, keuntungan di medan perang akan sangat besar...Bukan hanya F-16, pesawat generasi keempat, ini yang kami inginkan," katanya lagi, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Setelah Tank, Zelensky Ingin Barat Kirim Rudal Jarak Jauh dan Jet Tempur

Angkatan Udara Ukraina memiliki armada jet tempur era Soviet yang sudah tua yang keluar dari jalur perakitan bahkan sebelum Kiev mendeklarasikan kemerdekaan lebih dari 31 tahun yang lalu. Pesawat-pesawat tempur tersebut digunakan untuk misi pencegatan dan untuk menyerang posisi pasukan Rusia dalam perang saat ini.

Dukungan militer Barat sangat penting bagi Kiev dan berkembang pesat selama perang. Sebelum invasi Rusia, bahkan gagasan untuk memasok bantuan mematikan ke Ukraina sangat kontroversial, tetapi pasokan Barat sejak itu telah menghancurkan tabu demi tabu.

“Mereka tidak ingin memberi kami artileri berat, lalu mereka melakukannya. Mereka tidak mau memberi kami sistem HIMARS, lalu mereka melakukannya. Mereka tidak mau memberi kami tank, sekarang mereka memberi kami tank. Selain senjata nuklir, tidak ada yang tersisa yang tidak akan kami dapatkan,” kata Sak.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan tidak ada kemungkinan jet tempur dikirim ke Ukraina.

“Saya menjelaskan sejak awal bahwa kita tidak berbicara tentang pesawat tempur, dan saya melakukan hal yang sama di sini,” katanya di Bundestag.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1601 seconds (10.101#12.26)