Eks PM Rusia: Janji UE Pulihkan Ukraina adalah 'Kebohongan'

Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:02 WIB
loading...
Eks PM Rusia: Janji UE Pulihkan Ukraina adalah Kebohongan
Wakil Kepala Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev, menyebut janji Uni Eropa (UE) kepada Ukraina akan memulihkan dengan cepat ekonomi negara itu adalah kebohongan. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Wakil Kepala Dewan Keamanan Rusia , Dmitry Medvedev, menyebut janji Uni Eropa (UE) kepada Ukraina akan memulihkan dengan cepat ekonomi negara itu adalah "kebohongan."

Saat KTT UE-Ukraina berlangsung, dalam sebuah posting di Telegram, mantan perdana menteri Rusia itu mengutip penelitian Goldman Sachs yang menurutnya Ukraina telah kehilangan wilayah yang menyediakan 40% potensi industrinya dan 15% dari PDB.

Dia menambahkan bahwa Kiev kehilangan akses ke sumber daya alam dengan perkiraan nilai USD12 triliun, termasuk 62% batu bara dan 42% ladang logam.

"Produksi biji-bijian turun dari 32,5 juta pada 2021 menjadi 19,4 juta pada 2022, sedangkan menggunakan rute melalui Polandia dan Rumania menyebabkan kenaikan biaya transportasi dua hingga tiga kali lipat," terangnya.



"PDB Ukraina menyusut 30-36%, dan kerugian umum mencapai jumlah $830-850 miliar," kata Medvedev seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (3/2/2023).

Dia menambahkan bahwa "operasi militer khusus" Rusia berlanjut, PDB Ukraina mungkin turun 5-10% lagi.

Dia mengkritik otoritas Ukraina, mengatakan mereka membayar untuk keanggotaan di UE dan NATO dengan nyawa warganya, dan memaksakan biaya militer yang besar kepada negara dengan harapan bahwa Barat akan memberikan uang.

Medvedev menuduh bahwa kepemimpinan Ukraina mendapat untung dari bantuan keuangan Barat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)