7 Fakta Rudal HAWK Israel yang Diminta AS untuk Lawan Rusia

Kamis, 26 Januari 2023 - 21:10 WIB
loading...
7 Fakta Rudal HAWK Israel yang Diminta AS untuk Lawan Rusia
Rudal HAWK diproduksi Amerika Serikat. Foto/twitter
A A A
TEL AVIV - Rudal HAWK yang tergolong sebagai senjata tua buatan Amerika Serikat (AS) ini rupanya masih memiliki tajinya tersendiri di medan tempur.

Baru-baru ini sempat terjadi perdebatan terkait rudal HAWK, sebab Israel yang masih menyimpan senjata tersebut enggan menuruti perintah AS untuk mengirim peluru kendali itu ke Ukraina.

Israel menolak lantaran khawatir akan memicu ketegangan dengan Rusia, di mana kedua negara ini memang telah menjalin hubungan yang baik.

Terdapat beberapa fakta menarik berkaitan dengan rudal HAWK, diantaranya sebagai berikut:

1. Beroperasi Sejak 1960

Menurut Army Recognition, HAWK (Hoaming All the Way Killer) yang dirancang oleh Perusahaan Pertahanan Amerika sejak 1954.

Uji coba untuk senjata ini pertama kali dilakukan pada tahun 1956. Hingga pada akhirnya rudal HAWK mulai beroperasi di tahun 1960-an.

2. Pernah Jadi Senjata Andalan di Wilayah Konflik

Sejak kemunculannya tahun 1960, rudal HAWK mulai diminati beberapa negara. Tercatat bahwa senjata ini pernah digunakan selama krisis di Kuba, Perang Vietnam, hingga perang di Teluk Persia.

Selain itu HAWK juga turut andil dalam pertempuran antara Palestina-Israel, perang Iran-Irak, hingga invasi Irak ke Kuwait.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)