Setelah Tank, Zelensky Ingin Barat Kirim Rudal Jarak Jauh dan Jet Tempur

Kamis, 26 Januari 2023 - 05:48 WIB
loading...
Setelah Tank, Zelensky Ingin Barat Kirim Rudal Jarak Jauh dan Jet Tempur
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menginginkan Barat mengirimkan rudal jarak jauh dan jet tempur setelah dipastikan mendapatkan bantuan tank. Foto/Daily Express
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu mengatakan ia ingin Barat mengirim rudal jarak jauh dan jet tempur ke negaranya yang dilanda perang untuk membantu mengusir pasukan Rusia.

"Saya telah berbicara dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg hari ini," kata Zelensky setelah Amerika Serikat (AS) dan Jerman mengumumkan akan mengirim tank berat ke Ukraina.

“Kita juga harus membuka pengiriman rudal jarak jauh ke Ukraina, ini penting – kita harus memperluas kerja sama kita dalam artileri,” jelas Zelensky seperti dikutip dari France 24, Kamis (26/1/2023).

Ia juga menambahkan bahwa Ukraina membutuhkan jet tempur. "Ini mimpi. Dan ini tugas," ujarnya.

Baca: Pasukan Ukraina Mundur dari Kota Soledar

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan bahwa "daftar keinginan" Kiev untuk senjata yang dipasok Barat termasuk jet tempur.

"Saya mengirim daftar keinginan ke Sinterklas tahun lalu, dan jet tempur juga termasuk dalam daftar keinginan ini," kata Reznikov seperti dilansir dari CNN.

Namun, dia mengatakan bahwa prioritas utama pemerintahnya adalah sistem pertahanan udara sehingga dapat mencegah Rusia melakukan serangan udara dan rudal.

"Kami harus menutup langit kami, untuk mempertahankan langit kami," ujar Reznikov.

Baca: Rusia: Tank Jerman dan AS Akan Terbakar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2413 seconds (10.101#12.26)