Perbandingan Spesifikasi Tank Leopard 2 Jerman dengan Tank Abrams AS

Rabu, 25 Januari 2023 - 19:00 WIB
loading...
Perbandingan Spesifikasi Tank Leopard 2 Jerman dengan Tank Abrams AS
Tank Leopard 2 dioperasikan militer Jerman. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Perbandingan tank Leopard dan tank Abrams menarik untuk diketahui, mengingat Amerika Serikat (AS) yang awalnya enggan menyumbangkan tank Abrams untuk Ukraina.

AS beralasan tank Abrams terlalu canggih dan punya perawatan yang rumit. Hal tersebut didukung pernyataan Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh yang mengungkapkan tank Challenger Inggris dan tank Leopard Jerman adalah alternatif yang lebih baik untuk Ukraina ketimbang harus memberikan tank Abrams.

Sedangkan dari pihak Jerman sendiri memang tidak menawarkan memberi tank Leopard 2 buatannya ke Ukraina, namun mengizinkan negara lain yang memiliki tank tersebut seperti Polandia, untuk mengirimkannya.

Perbandingan Spesifikasi Tank Leopard 2 Jerman dengan Tank Abrams AS

Tank Abrams buatan Amerika Serikat. Foto/REUTERS

Kedua kendaraan lapis baja berkapasitas 4 orang ini memang dikenal sebagai senjata mutakhir yang dikembangkan oleh negara yang punya kekuatan militer mumpuni. Karena itu menarik untuk mengetahui perbandingan antara tank Leopard 2 dan tank Abrams.

1. Tahun Pembuatan

Dilansir dari Military Today, tank tempur Leopard 2 mulai dikembangkan pada tahun 1970 dan beroperasi di tahun 1979.

Sedangkan tank Abrams telah mulai dikembangkan pada tahun 1988 dan versi terbarunya yakni M1A2 beroperasi pada 1992. Rencananya kendaraan tempur ini akan tetap beroperasi hingga tahun 2050.

2. Negara yang Memilikinya

Leopard 2 telah diekspor ke berbagai negara seperti Belanda, Swiss, Swedia, Spanyol, Turki, Polandia, dan beberapa negara lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)