Bos CIA Gelar Pertemuan Rahasia dengan Zelensky, Bahas Apa?

Jum'at, 20 Januari 2023 - 20:50 WIB
loading...
Bos CIA Gelar Pertemuan Rahasia dengan Zelensky, Bahas Apa?
irektur badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, Bill Burns telah melakukan pertemuan rahasia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Direktur badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA , Bill Burns telah melakukan pertemuan rahasia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada minggu lalu. Dalam pertemuan itu, Burns memberikan bocoran dugaan tentang rencana perang Rusia pada musim semi mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat AS dan dua sumber Ukraina yang mengetahui pertemuan tersebut. Adalah The Washington Post pertama kali melaporkan pertemuan itu.

Pertemuan rahasia itu terjadi ketika para pejabat AS memantau dengan cermat potensi serangan Rusia dalam beberapa bulan mendatang dan di tengah perdebatan sengit antara AS dan sekutu Eropanya mengenai apakah akan mengirim persenjataan yang semakin canggih dan jarak jauh ke Ukraina.

Seperti diketahui, para pemimpin pertahanan Barat dijadwalkan bertemu Jumat ini untuk membahas pengiriman senjata lebih lanjut ke Ukraina.



"Direktur Burns melakukan perjalanan ke Kiev di mana dia bertemu dengan rekan-rekan intelijen Ukraina serta Presiden Zelensky dan memperkuat dukungan berkelanjutan kami untuk Ukraina dalam pertahanannya melawan agresi Rusia," kata seorang pejabat AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Jumat (20/1/2023).

Burns, seorang diplomat veteran, telah menjadi lawan bicara tepercaya di Kiev, dan perjalanan minggu lalu bukanlah yang pertama. Dia melakukan dua perjalanan berturut-turut ke Kiev pada bulan Oktober dan November tahun lalu, termasuk satu yang terjadi di tengah serentetan serangan rudal Rusia di seluruh negeri.

Bulan-bulan musim dingin telah menyaksikan pertempuran brutal di garis depan, terutama di sekitar kota Bakhmut, tetapi tidak ada keuntungan strategis besar di kedua sisi. Direktur Intelijen Nasional Avril Haines, berbicara di Forum Ekonomi Dunia Davos pada hari Rabu, menyebutnya "bukan jalan buntu tetapi benar-benar konflik yang menggila pada tahap ini."



Namun kedua belah pihak dianggap bersiap untuk serangan potensial di musim semi dan Kiev terus menekan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya untuk lebih banyak dukungan dalam perjuangannya untuk memukul mundur Rusia. Satu sumber Ukraina menekankan kepada CNN bahwa Kiev telah mengkhawatirkan laju pasokan senjata ke Ukraina – ketakutan yang berkembang karena Partai Republik, beberapa di antaranya skeptis terhadap bantuan ke Ukraina, memiliki mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)