Rusia Dilaporkan Pasang Pertahanan Udara di Atap Gedung Moskow, Ada Apa?

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:48 WIB
loading...
Rusia Dilaporkan Pasang Pertahanan Udara di Atap Gedung Moskow, Ada Apa?
Sistem pertahanan rudal Pantsir-S1 Rusia. Foto/Arctic Today
A A A
MOSKOW - Rusia dilaporkan telah menempatkan sejumlah sistem pertahanan udara di atas beberapa gedung yang ada di Moskow. Ini dilakukan saat Kremlin memperingatkan bahwa Ukraina yang memperoleh senjata jarah jauh dapat meningkatkan perang.

Gambar dan video tentang apa yang dikatakan sebagai sistem pertahanan udara Pantsir-S1 terlihat di atap beberapa gedung Moskow beredar di Twitter.

Anggota senior di Program Eurasia Lembaga Penelitian Kebijakan Luar Negeri dan gelar Ph.D. mahasiswa di Departemen Studi Perang King's College London, Rob Lee mentweet bahwa sistem dipasang di gedung administrasi di Moskow dan di Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Kementerian Pertahanan Rusia.

Laporan penambahan pertahanan udara baru di Moskow datang pada hari yang sama ketika juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan konflik akan menjadi eskalasi jika negara-negara Barat memberi Ukraina senjata jarak jauh.



"Berpotensi, ini sangat berbahaya, itu berarti membawa konflik ke tingkat yang sama sekali baru, yang tentu saja tidak akan menjadi pertanda baik dari sudut pandang keamanan global dan pan-Eropa," kata Peskov kepada wartawan, menurut Agence France-Presse.

Ketika Rusia berusaha untuk mencegah Barat memberikan senjata jarak jauh kepada Ukraina, beberapa akun Twitter tampaknya mengejek negara tersebut sehubungan dengan instalasi Pantsir-S1 yang dilaporkan.

"Berita bagus! Sistem pertahanan udara 'Pantsir-S1' telah berhasil dipasang di beberapa gedung di Moskow dekat Kremlin, termasuk gedung Kementerian Pertahanan. Semuanya berjalan sesuai rencana, bukan?" tweet akun untuk kampanye Saint Javelin, yang mengumpulkan dana untuk membantu Ukraina seperti dinukil Newsweek, Jumat (20/1/2023).

Charles Lister, seorang peneliti senior dan direktur program Syria and Countering Terrorism & Extremism di Institut Timur Tengah, juga menyoroti perkembangan baru di Ibu Kota Rusia itu di Twitter.

"Sebelumnya hari ini, #Rusia mengerahkan sistem pertahanan udara Pantsir di atas beberapa gedung bertingkat tinggi di #Moscow, termasuk Kementerian Pertahanan. Tidak yakin apa yang dikhawatirkan...," cuitnya dengan emoji wajah berkedip.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)