New York Times: AS Dapat Membantu Ukraina Serang Crimea

Kamis, 19 Januari 2023 - 21:20 WIB
loading...
New York Times: AS Dapat Membantu Ukraina Serang Crimea
New York Times melaporkan AS mempertimbangkan untuk membantu Ukraina menyerang Crimea. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Surat kabar New York Times (NYT) melaporkan pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang mempertimbangkan apakah akan memasok Ukraina dengan kemampuan untuk menyerang Semenanjung Crimea yang penting secara strategis.

Mengutip beberapa pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, NYT melaporkan, setelah berbulan-bulan ragu-ragu, Gedung Putih sekarang menyambut gagasan bahwa Ukraina mungkin "membutuhkan kekuatan" untuk melakukan serangan jauh di dalam wilayah Rusia, yaitu benteng militernya di Crimea.

“Pejabat Amerika sedang berdiskusi dengan rekan Ukraina mereka tentang penggunaan senjata yang dipasok Amerika, dari sistem roket HIMARS hingga kendaraan tempur Bradley, untuk kemungkinan menargetkan Crimea,” lapor NYT seperti dikutip Russia Today, Kamis (19/1/2023).

Outlet itu menambahkan bahwa Washington telah percaya bahwa jika militer Ukraina dapat menunjukkan kepada Rusia bahwa kendalinya atas Crimea dapat terancam, yang akan memperkuat posisi Kiev dalam negosiasi di masa mendatang.

Menurut NYT terlepas dari benteng berat Moskow di semenanjung, yang menampung Armada Laut Hitam Rusia dan pangkalan militer lainnya, Crimea tetap menjadi fokus utama rencana pertempuran Ukraina. Tidak jelas bagaimana Washington berharap untuk membantu serangan di wilayah tersebut, tetapi NYT memberi kesan keputusan untuk memasok Kiev dengan kendaraan tempur infanteri Bradley menunjukkan kesediaan untuk membantu Ukraina melakukan serangan – termasuk menargetkan Crimea.



"Di samping transportasi pasukan yang disediakan oleh Prancis dan Jerman, kendaraan militer bisa menjadi garda depan pasukan lapis baja yang dapat digunakan Ukraina dalam serangan balasan musim dingin atau musim semi ini,” kata analis pemerintah dan independen yang tidak disebutkan namanya kepada NYT.

Namun, bahkan ketika Gedung Putih diduga mempertimbangkan untuk mendukung serangan di tanah Rusia, Presiden Joe Biden terus menolak permintaan Ukraina untuk rudal jarak jauh dan tank tempur berat yang dapat digunakan dalam serangan di masa depan.

Biden sebelumnya telah memperingatkan bahwa bantuan semacam itu dapat memprovokasi permusuhan langsung dengan Moskow dan bahkan memulai perang nuklir, meskipun kekhawatiran tersebut tampaknya perlahan memudar seiring konflik yang berlarut-larut.

“Ketakutan akan eskalasi telah berubah sejak awal,” sumber pertahanan AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada sebuah surat kabar Inggris bulan lalu, menunjukkan bahwa Pentagon telah memberikan dukungan diam-diam atas serangan jarak jauh Ukraina terhadap target di dalam Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)