Presiden Meksiko Merespons Pesan 'SOS' Gembong Narkoba El Chapo

Kamis, 19 Januari 2023 - 20:27 WIB
loading...
Presiden Meksiko Merespons Pesan SOS Gembong Narkoba El Chapo
Presiden Meksiko merespons pesan SOS gembong narkoba Joaquin El Chapo Guzman. Foto/Los Angeles Times
A A A
MEXICO CITY - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pemerintahannya akan mempertimbangkan permintaan terpidana gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman untuk menyelesaikan hukumannya di Meksiko.

Mantan pemimpin kartel Sinaloa itu telah meminta perhatian dari pemerintah Meksiko atas kondisi yang dialaminya di Amerika Serikat (AS). El Chapo saat ini tengah ditahan di Fasilitas Penjara Maksimum Administratif AS (ADX) di Florence, Colorado sejak 2019.

"Saya meminta Presiden Lopez Obrador untuk campur tangan sehingga saya dapat kembali ke Meksiko dan menyelesaikan hukuman saya di penjara Meksiko. Kondisi di mana saya berada di penjara dengan keamanan maksimum di Amerika Serikat merendahkan, hina dan tidak manusiawi," kata Guzman dalam sebuah surat .

Guzman, yang telah melarikan diri dari penjara keamanan maksimum Meksiko pada dua kesempatan, dinyatakan bersalah atas semua dakwaan pada Februari 2019 oleh juri federal di Brooklyn, New York. Dakwaan itu termasuk menjadi pemimpin perusahaan kriminal yang berkelanjutan, berbagai dakwaan terkait perdagangan narkoba, kekerasan, korupsi dan pencucian uang.



"El Chapo" diekstradisi ke AS pada 2017 di bawah instruksi Presiden Meksiko saat itu Enrique Pena Nieto. Menurut Jose Refugio Rodriguez, kuasa hukum Guzman, ekstradisi itu karena perjanjian tidak sah antara pemerintahan Pena Nieto dan pemerintah AS.

Rodriguez telah menghubungi Duta Besar Meksiko AS Esteban Moctezuma Barragan untuk menengahi, menuduh bahwa Guzman diekstradisi ke AS telah melanggar haknya dan menuduh Menteri Luar Negeri Meksiko saat itu Luis Videgaray bertindak "tunduk" kepada AS.

Pengacara Guzman bersikeras bahwa ada cara hukum bagi 'El Chapo' untuk kembali ke Meksiko, mencatat bahwa perjanjian ekstradisi memungkinkan mantan gembong narkoba untuk kembali ke negara asalnya karena Guzman memiliki proses pidana yang tertunda di Meksiko.

"Begitu ekstradisi diberikan, (Guzman) seharusnya tetap berada di Meksiko sampai semua prosesnya di sini diselesaikan dengan hukuman dan kemudian diserahkan," kata Rodriguez.

Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard dengan cepat menolak permintaan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)