Krisis Pangan Kian Parah, Warga Lebanon Serbu Toko Roti

Kamis, 28 Juli 2022 - 22:15 WIB
Krisis Pangan Kian Parah, Warga Lebanon Serbu Toko Roti. FOTO/Reuters
BEIRUT - Warga Lebanon yang marah menyerbu toko roti dan toko kue di Lebanon, Rabu (27/7/2022). Warga berebut mendapatkan roti dan kue di saat krisis pangan negara itu semakin dalam.

Antrian panjang terbentuk di luar banyak toko di Lebanon. Penduduk harus menunggu dengan perasaan tidak sabar dalam panas matahari yang membakar untuk mendapatkan roti bersubsidi. Ketika persediaan dan emosi menipis, banyak orang memilih untuk membeli produk roti lainnya, beberapa di antaranya dihargai 40.000 pound Lebanon (USD 1,5) untuk 10 roti tipis.



Sejumlah warga lain melampiaskan rasa frustrasi mereka dengan menggunakan platform media sosial, menyalahkan politisi dan toko roti atas masalah tersebut. Banyak warga yang juga mengecam sindikat mafia karena menjual tepung bersubsidi di pasar gelap dan menyelundupkannya ke Suriah.

Di beberapa tempat, tentara terpaksa turun tangan, mengusir pengunjuk rasa dari toko-toko, dan meredakan pertengkaran sengit di antara pelanggan yang mengantri. Meski demikian, masih terselip rasa yakin di tubuh pemerintah Lebanon untuk mengatasi krisis ini.



“Sekitar 49.000 ton gandum diperkirakan akan tiba di Lebanon pada akhir minggu ini. Semoga kapal cepat sampai. Krisis adalah hasil dari tepung yang dicuri dari negara kita,” kata Menteri Ekonomi Lebanon Amin Salam, seperti dikutip dari Arab News.

.

“Sebuah sel krisis yang dipimpin oleh Kementerian Ekonomi akan dibentuk dan mekanisme baru akan dibentuk untuk mendistribusikan gandum dan tepung secara adil, dan menuntut mereka yang menciptakan krisis,” lanjutnya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More