Balas Serangan Roket Hamas, Jet Tempur Israel Bombardir Gaza

Minggu, 17 Juli 2022 - 01:00 WIB
Balas Serangan Roket Hamas, Jet Tempur Israel Bombardir Gaza. FOTO/Reuters
YERUSALEM - Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang fasilitas pembuatan senjata di Jalur Gaza , Sabtu (16/7/2022) pagi. Serangan dilancarkan setelah adanya sejumlah tembakan roket ke wilayah Israel.

Baku tembak terjadi beberapa jam setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi Israel dan Tepi Barat yang diduduki.



“Beberapa saat yang lalu, jet tempur IDF menyerang sebuah situs militer di Jalur Gaza tengah milik organisasi teroris Hamas,” sebut sebuah pernyataan dari Pasukan Pertahanan Israel, seperti dikutip dari Reuters.

“Situs militer terdiri dari kompleks bawah tanah yang berisi bahan baku yang digunakan untuk pembuatan roket,” lanjut pernyataan tersebut.



“Serangan di situs ini akan secara signifikan menghambat dan merusak kemampuan pembangunan kekuatan Hamas,” katanya, seraya menambahkan bahwa Israel menanggapi “serangan dari Jalur Gaza di wilayah Israel.”



Menurut militer Israel, pada malam hari ada dua peluncuran terpisah, masing-masing dua roket, menuju wilayah Israel. Sirene peringatan yang memperingatkan penduduk akan tembakan roket terdengar pada malam hari di kota Ashkelon dan di tempat lain di selatan Israel.

Militer Israel mengatakan salah satu roket telah dicegat sementara tiga lainnya jatuh di tanah kosong. Serangan roket terjadi beberapa jam setelah Presiden Biden mengunjungi Israel dan Tepi Barat, tak lama setelah dia mengumumkan kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi.

Tidak ada kelompok di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Tembakan roket serupa terjadi pada tahun 2020 ketika Israel menandatangani perjanjian damai dengan UEA dan Bahrain, Times of Israel melaporkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More