8 Fakta Sejarah Bahrain, dari Dapat Kemerdekaan dari Inggris hingga TampungPangkalan Militer AS

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 19:50 WIB
Bahrain memiliki sejarah yang unik. Foto/timeoutbahrain
MANAMA - Bahrain merupakan negara kecil, tetapi selalu memiliki peran penting dalam panggung geopolitik di Timur Tengah. Apalagi, sejarah menunjukkan Bahrain juga memiliki peran penting sejak dahulu kala.

8Fakta Sejarah Bahrain, dari Dapat Kemerdekaan dari Inggris hingga Tampung Pangkalan Militer AS

1. Sudah Jadi Pusat Perdagangan Sejak Dahulu

Melansir Middle East Business Intelligence, Bahrain telah menjadi pusat perdagangan regional sejak Zaman Perunggu, ketika mata air tawarnya menjadikannya tempat persinggahan penting bagi kapal-kapal yang berlayar antara Mesopotamia dan Teluk selatan

Terdapat bukti arkeologis tentang perdagangan antara pulau-pulau yang menjadi pusat wilayah yang dikenal sebagai Dilmun, dan peradaban yang jauh seperti Lembah Indus, di wilayah yang sekarang disebut Pakistan.



Sisa-sisa ibu kota Dilmun masih dapat dilihat di Qalaat al-Bahrain di pinggiran barat Manama, tempat lapisan pemukiman manusia selama lebih dari 4.000 tahun telah digali di bawah benteng Portugis di kemudian hari. Situs arkeologi lainnya, termasuk ladang gundukan pemakaman yang luas di selatan ibu kota, memperkuat gambaran Bahrain sebagai pusat perdagangan dan budaya utama selama ribuan tahun.

Meskipun ukurannya kecil, sejarah Bahrain yang berbelit-belit telah meninggalkannya dengan budaya kosmopolitan yang beragam

2. Pernah Jadi Pusat Kekaisaran Persia

Bahrain menjadi bagian dari Kekaisaran Persia pada abad ke-3 SM, dan selama hampir seribu tahun dikuasai oleh serangkaian dinasti Iran. Orang Yunani mengenal pulau-pulau itu sebagai Tylos, salah satu sumber utama mutiara di dunia kuno.

Hingga ditemukannya minyak pada tahun 1930-an, penyelaman mutiara tetap menjadi andalan ekonomi lokal - perancang perhiasan Prancis Cartier sendiri melakukan perjalanan ke Bahrain untuk membeli permata berharga itu.

3. Pernah Dikuasai Syiah

Meskipun orang Bahrain termasuk di antara orang-orang pertama di Jazirah Arab yang memeluk Islam, abad-abad berikutnya merupakan masa pergolakan agama dan politik.

Awalnya dihuni oleh orang-orang Qarmatian (sekte Syiah Ismailiyah radikal yang berasal dari Irak), Bahrain kemudian diperintah oleh serangkaian dinasti Arab Sunni, suatu periode di mana banyak orang Syiah Bahrain didorong untuk beralih ke interpretasi Islam Imami yang lebih tenang.

4. Dikuasai Keluarga Al Khalifa pada Abad 18

Sejak abad pertengahan, Bahrain mengalami serangkaian invasi yang membuatnya dikuasai oleh Portugis, kekaisaran Persia Safavid, dan Oman. Keluarga Al-Khalifa, suku Sunni yang berasal dari Kuwait, menetap di kepulauan tersebut pada akhir abad ke-18.

Setelah memperoleh kendali dari Oman, penguasa baru Bahrain menandatangani perjanjian pertama dari serangkaian perjanjian dengan Inggris Raya, yang saat itu merupakan kekuatan dominan di Teluk.

5. Mendapatkan Kemerdekaan dari Inggris

Negara tersebut menjadi protektorat Inggris dan secara resmi memperoleh kemerdekaan lebih dari satu abad kemudian pada tahun 1971. Al-Khalifa berkuasa hingga hari ini.

Meskipun ukurannya kecil, sejarah Bahrain yang berbelit-belit telah meninggalkannya dengan budaya kosmopolitan yang beragam yang bertentangan dengan banyak tetangga Arabnya, dengan elit Arab Sunni yang memerintah atas mayoritas Syiah, banyak di antaranya mempertahankan ikatan keluarga dan budaya dengan Iran.

Baca Juga: Menguji Keberanian Israel Menyerang Iran

6. Negara Teluk yang Pertama Kali Menemukan Minyak

Sebagai negara Teluk Arab pertama yang menemukan minyak pada tahun 1932, negara tersebut juga merupakan negara pertama yang menarik sejumlah besar pekerja ekspatriat, yang saat ini berjumlah sekitar setengah dari populasi. Suasana sosialnya yang relatif liberal telah menjadikannya basis pilihan bagi banyak insinyur Barat dan orang lain yang bepergian melalui jalan lintas ke Provinsi Timur Arab Saudi yang kaya minyak.

Bahrain juga merupakan eksportir minyak Teluk pertama yang mengalami penurunan produksi. Selama masa kejayaannya, Manama menggunakan kekayaan hidrokarbonnya untuk membangun bisnis penyulingan yang signifikan dan membangun industri yang membutuhkan banyak energi, seperti peleburan aluminium.

Kelangkaan gas yang diproduksi secara lokal telah menunda perluasan bisnis logam negara tersebut, tetapi Bahrain terus menerima minyak melalui jaringan pipa dari Arab Saudi, yang dimurnikannya menjadi bahan bakar, pelumas, dan produk lain berkualitas tinggi untuk diekspor ke Eropa.

7. Bangkit Setelah Perang Saudara di Lebanon

Pecahnya perang saudara di Lebanon pada tahun 1970-an memberikan kesempatan bagi Bahrain untuk membangun dirinya sebagai pusat perbankan di wilayah tersebut, posisi yang sebelumnya ditempati oleh Beirut.

Kebangkitan Dubai berikutnya sebagai pusat keuangan dan ekspatriat saingan telah memaksa kerajaan tersebut untuk melakukan diversifikasi ke area khusus seperti keuangan dan asuransi Islam, tetapi terus bersaing langsung dengan UEA sebagai basis bagi lembaga keuangan di Teluk.

8. Memiliki Pangkalan Angkatan Laut AS

Bahrain saat ini adalah negara yang relatif stabil dan makmur, yang menjadi tempat Armada Kelima Angkatan Laut AS dan anggota Dewan Kerjasama Teluk. Namun, distribusi kekayaan yang tidak merata antara komunitas Sunni dan Syiah menempatkannya pada garis patahan sektarian yang telah meluas di Timur Tengah sejak invasi pimpinan AS ke Irak pada tahun 2003.

Gerakan oposisi rakyat semakin tergerak oleh pemberontakan regional yang dimulai pada akhir tahun 2010. Sementara keluarga penguasa Bahrain telah terlibat dalam proses reformasi demokrasi yang terhenti sejak tahun 1970-an, mereka terus mencari cara untuk menyeimbangkan sumber daya alamnya yang semakin menipis dengan populasi yang semakin tidak puas yang tidak menikmati standar hidup yang sama seperti di negara-negara Arab kaya minyak lainnya.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More