Trump Pernah Berdiskusi Sebanyak 7 Kali dengan Putin, Apa Saja yang Dibahas?

Rabu, 09 Oktober 2024 - 22:05 WIB
Buku tersebut juga telah memperbarui kekhawatiran bahwa Trump memiliki hubungan yang tidak pantas dengan pemimpin Rusia tersebut.

Tuduhan tersebut sudah ada sejak tahun 2016 ketika Trump pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden. Saat itu, ia terkenal meminta Rusia untuk membantu menemukan "email yang hilang" yang dihapus oleh saingannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dari server pribadi.

Komunitas intelijen AS menyimpulkan bahwa Moskow telah mencampuri pemilihan untuk membantu Trump. Namun, penyelidikan oleh penasihat khusus Robert Mueller tidak menemukan adanya konspirasi antara tim Trump dan Rusia.

Saat ia berusaha kembali ke Gedung Putih, Trump terus membanggakan persahabatannya dengan Putin.

Pada tahun 2022, Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina, sesuatu yang Trump sebut selama kampanye sebagai konsekuensi dari kepemimpinan AS yang goyah di panggung dunia.

Ia mengklaim dapat mengakhiri perang di Ukraina dalam 24 jam, meskipun para pendukung Kyiv percaya bahwa kesepakatan semacam itu mengharuskannya menyerahkan sebagian besar wilayah kepada Rusia, sesuatu yang ditolak oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Selama debat presiden bulan lalu, Trump menolak mengatakan apakah menurutnya adalah kepentingan terbaik AS jika Ukraina memenangkan perang.

“Saya ingin perang dihentikan. Saya ingin menyelamatkan nyawa,” katanya, sambil menambahkan dengan tidak tepat bahwa “jutaan” orang telah tewas. “Saya pikir adalah kepentingan terbaik AS untuk mengakhiri perang ini dan menyelesaikannya.” Buku Woodward, salah satu dari lebih dari selusin buku yang telah diterbitkannya selama bertahun-tahun, juga menuduh Trump mengirim mesin uji COVID-19 kepada Putin untuk penggunaan pribadinya saat virus tersebut mulai menyebar pada tahun 2020.

Pemimpin Rusia tersebut dikatakan telah meminta Trump untuk tidak memberi tahu siapa pun karena orang-orang tidak akan senang jika kabar tersebut tersebar.

Tidak jelas kapan mesin tersebut dikirim, tetapi media AS sebelumnya melaporkan bahwa AS telah mengirim mesin uji ke beberapa negara termasuk Rusia pada bulan Mei 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More