Putin Ulang Tahun, Rudal-rudal Hipersonik Rusia Gempur Ukraina

Selasa, 08 Oktober 2024 - 09:46 WIB
Serangan rudal hipersonik Rusia menghantam area pangkalan udara utama Ukraina saat Presiden Rusia Vladimir Putin berulang tahun ke-72. Foto/Sputnik/Kristina Kormilitsyna
KYIV - Rudal-rudal hipersonik Rusia telah menghantam area pangkalan udara utama Ukraina, Starokostiantyniv, pada Senin pagi atau saat Presiden Vladimir Putin berulang tahun ke-72.

Serangan terbaru Moskow yang targetkan Starokostiantyniv terjadi sehari setelah Belanda mengumumkan akan memasok Ukraina dengan lebih banyak jet tempur F-16 dalam beberapa bulan mendatang.

Kantor Gubernur Khmelnytsky mengeklaim tidak ada korban sipil dan tidak ada kerusakan pada infrastruktur penting.



Sementara itu, Angkatan Udara Ukraina pada Selasa (8/10/2024) mengeklaim sistem pertahanan rudal Kyiv telah menembak jatuh dua rudal hipersonik Kinzhal di wilayah Kyiv semalam.



Puing-puing jatuh di tiga distrik Kyiv, tetapi tidak ada kerusakan besar atau korban yang dilaporkan setelah sistem pertahanan udara mencegat target-target yang masuk, menurut otoritas kota Kyiv.

"Meskipun keadaan semakin sulit, meskipun [Rusia] telah melakukan perbaikan dan menggunakan taktik baru, hari ini kami telah menembak jatuh dua pesawat...Mereka belajar dari kesalahan mereka dan dari kesalahan kami. Mereka meningkatkan teknologi mereka sehingga kami dapat menembak jatuh lebih sedikit dari mereka," kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yurii Ihnat, seperti dikutip The Guardian.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan sistem pertahanan rudal mereka juga menembak jatuh 32 pesawat nirawak Rusia dan 37 lainnya hilang di radar militer, yang menunjukkan bahwa mereka telah dinonaktifkan oleh peperangan elektronik.

Kendati demikian, serangan Rusia di wilayah timur Sumy dan selatan Kherson semalam telah menewaskan tiga warga sipil—dua bersaudara berusia 35 dan 38 tahun dan seorang wanita berusia 61 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More