3 Alasan Iron Dome Israel Gagal Bendung Serangan Rudal Iran

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 15:23 WIB
Sistem pertahanan Iron Dome Israel gagal membendung serangan rudal Iran. Foto/IDF
JAKARTA - Iran telah menyerang Israel dengan lebih dari 180 rudal dalam Operasi Janji Sejati II pada Selasa malam lalu. Sistem pertahanan Iron Dome kembali jadi sorotan media internasional karena tak berdaya membendung serangan tersebut.

Serangan Iran menargetkan beberapa pangkalan udara, termasuk situs jet tempur siluman F-35, markas intelijen militer, dan markas badan intelijen Mossad.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akui pangkalan militernya dihantam rudal Iran, tanpa mengungkap nama pangkalan tersebut dan tingkat kerusakannya.



Sekitar 100 rumah di kota Hod Hasharon, rusak akibat gempuran misil-misil Teheran. Kerusakan area kota itu bahkan mengingatkan pada pemandangan serupa di Gaza yang dibombardir Israel.



3 Alasan Iron Dome Israel Gagal Bendung Serangan Rudal Iran

1. Bukan Lawan Sebanding



Iron Dome adalah sistem rudal jarak pendek. Ia bagian dari seluruh lapisan pertahanan rudal dan garis pertahanan terakhir Israel.

Sistem ini dapat menerbangkan misil pencegat hingga ketinggian 10 km dan memiliki jangkauan sekitar 70 km. Ia tidak cocok secara optimal untuk menangkal rudal balistik Iran, terutama rudal Shahab-3 yang memiliki jangkauan hingga 2.000 km.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More