Ekspansi Angkatan Laut China Berlanjut di Pangkalan Ream Kamboja

Jum'at, 20 September 2024 - 10:34 WIB
Ekspansi Angkatan Laut China berlanjut di Pangkalan Ream Kamboja. Foto/BlackSky
PHNOM PENH - Laporan Radio Free Asia (RFA) mengungkap bahwa China akan menyediakan dua kapal perang kepada Angkatan Laut Kamboja, sebuah dermaga yang mampu menampung kapal induk, dan fasilitas lain di pangkalan pesisir.

Mengutip laporan dari Mekong News, Jumat (20/10/2024), sekitar 100 personel Angkatan Laut China telah bekerja tanpa kenal lelah di fasilitas Angkatan Laut Ream di Teluk Thailand dalam mempersiapkannya untuk serah terima, yang diperkirakan akan dilakukan akhir bulan ini.

Pangkalan tersebut, yang dibangun dan didanai sepenuhnya oleh China, tetap terlarang bagi karyawan Kamboja.



Laporan EurAsian Times tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen. Pada Februari lalu, EurAsian Times melaporkan kemajuan pembangunan pangkalan tersebut, berdasarkan citra satelit yang dianalisis oleh analis pertahanan Tom Shugart.



Pada Januari 2024, bagian utara pangkalan itu memiliki banyak bangunan, jalan, dan fondasi. Tangki bahan bakar yang besar mengindikasikan potensi penggunaan oleh kapal-kapal China.

Laporan mengenai dermaga kapal induk telah beredar selama lebih dari setahun, dan pembaruan tahun lalu menunjukkan bahwa dermaga tersebut hampir selesai. Klaim ini didukung oleh foto-foto dari Black Sky, sebuah perusahaan pencitraan komersial asal Amerika Serikat (AS) yang melacak konstruksi tersebut.

Foto-foto dari Juli 2023 menunjukkan dermaga di Pangkalan Angkatan Laut Ream yang hampir selesai dibangun, mirip dengan yang digunakan militer China di Djibouti. Hal ini mendukung laporan dari RFA.

Fasilitas dermaga dan dok kering seukuran kapal induk di Ream akan memperluas kehadiran Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China di Teluk Benggala, yang berpotensi menggeser keseimbangan kekuatan regional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More