Apakah Australia Pernah Dijajah Negara Lain?

Rabu, 11 September 2024 - 20:40 WIB
Australia pernah dijajah oleh Inggris. Foto/AWM
SYDNEY - Mantan perdana menteri (PM) Australia John Howard mengungkapkan, kolonisasi sebagai "tidak dapat dihindari".

"Saya berpendapat bahwa hal paling beruntung yang terjadi pada negara ini adalah dijajah oleh Inggris," katanya, dilansir BBC. "Bukan berarti mereka sempurna, tetapi mereka adalah penjajah yang jauh lebih sukses dan dermawan daripada negara-negara Eropa lainnya."

Apakah Australia Pernah Dijajah Negara Lain?

1. Penjajahan Inggris di Australia DImulai pada 1778 - 1901





Foto/AWM

Melansir Australia War Memorial, pemukiman Inggris di Australia dimulai sebagai koloni hukuman yang diperintah oleh seorang kapten Angkatan Laut Kerajaan. Hingga tahun 1850-an, ketika pasukan lokal mulai direkrut, pasukan reguler Inggris menempatkan garnisun di koloni-koloni tersebut dengan sedikit bantuan lokal.

Sejak tahun 1788 marinir menjaga pemukiman Inggris di Sydney Cove dan Pulau Norfolk; mereka digantikan pada tahun 1790 oleh unit yang secara khusus direkrut untuk dinas kolonial, dan pada tahun 1810 Resimen Infantri ke-73 menjadi resimen garis depan pertama yang bertugas di Australia. Sejak saat itu hingga tahun 1870, 25 resimen infanteri Inggris dan beberapa unit artileri dan zeni yang lebih kecil ditempatkan di koloni-koloni tersebut.

Salah satu peran pasukan tersebut adalah untuk menjaga Australia dari serangan eksternal, tetapi tugas utama mereka adalah untuk menjaga ketertiban sipil, khususnya terhadap ancaman pemberontakan narapidana, dan untuk menekan perlawanan penduduk Aborigin terhadap pemukiman Inggris.

2. Awalnya adalah Koloni Narapidana

Melansir History.com, pada 26 Januari 1788, Kapten Arthur Phillip memandu armada 11 kapal Inggris yang membawa narapidana ke koloni New South Wales, yang secara efektif mendirikan Australia. Setelah melewati masa sulit, koloni yang masih muda itu mulai merayakan ulang tahun tanggal ini dengan meriah dan akhirnya diperingati sebagai Hari Australia.

Akhir-akhir ini, Hari Australia menjadi semakin kontroversial karena menandai dimulainya ketika penduduk asli benua itu secara bertahap dirampas tanahnya saat kolonisasi kulit putih menyebar di seluruh benua.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More