2 Jet Tempur Siluman F-35 AS Mendarat di Jalan Raya Finlandia untuk Pertama Kalinya

Kamis, 05 September 2024 - 12:22 WIB
Satu dari dua jet tempur siluman F-35 AS mendarat di jalan raya di Finlandia untuk pertama kalinya. Foto/US Army/Sgt Scyrrus Corregidor
HELSINKI - Dua jet tempur siluman F-35 Lightning II Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) melakukan pendaratan bersejarah di jalan raya di Finlandia pada Rabu.

Kehadiran jet tempur canggih di negara baru NATO itu merupakan yang pertama kalinya, sebagai bagian dari latihan pangkalan jalan raya tahunan Angkatan Udara Finlandia yang dinamai BAANA 2024.

Sepasang jet tempur Amerika itu ditugaskan ke Sayap Tempur ke-48, Royal Air Force (RAF) Lakenheath, Inggris, dan manuver mereka menunjukkan kemajuan dalam kemampuan aliansi NATO untuk mengerahkan kekuatan udara dari lokasi yang tidak konvensional.





BAANA 24 adalah latihan pangkalan jalan raya tahunan, dan Angkatan Udara Finlandia secara teratur berlatih di luar pangkalan operasi utamanya agar dapat dengan cepat menyebarkan pesawat di seluruh Finlandia jika perlu.

Manuver tersebut mempersiapkan cabang militer untuk pertempuran dari mana saja, menurut siaran pers dari militer Finlandia.

Tujuannya adalah untuk melakukan lepas landas dan pendaratan di pangkalan jalan raya.

Kedua F-35 berpartisipasi dalam latihan untuk integrasi yang lebih baik di antara pasukan sekutu.

"Pendaratan pertama F-35 generasi kelima kami yang sukses di jalan raya di Eropa merupakan bukti hubungan yang semakin erat dan interoperabilitas yang kami miliki dengan sekutu Finlandia kami," kata Jenderal James Hecker, komandan Angkatan Udara AS di Eropa–Afrika.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More