Swiss Tak Akan Lagi jadi Negara Netral, Berikut 4 Alasannya

Minggu, 01 September 2024 - 23:55 WIB
Swiss tak akan lagi menjadi negara netral karena perang Rusia dan Ukraina. Foto/AP
MOSKOW - Sudah saatnya bagi Swiss , yang telah bersikap netral sejak 1515, untuk mendefinisikan ulang status non-bloknya, demikian kata sekelompok pakar Swiss, dalam sebuah laporan yang dipesan oleh kementerian pertahanan di Bern.

Sebagai tanggapan, para kritikus menuduh panel di balik makalah tersebut bias dan bersikeras bahwa netralitas selamanya diabadikan dalam konstitusi negara tersebut.

Komite studi, yang dibentuk setahun lalu, mempresentasikan sebuah makalah dengan 100 rekomendasi tentang cara meningkatkan keamanan negara Alpen tersebut.



Swiss Tak Akan Lagi jadi Negara Netral, Berikut 4 Alasannya

1. Fungsi Keamanan Lebih Fleksibel



Foto/AP

“Kebijakan netralitas perlu direvisi, lebih difokuskan pada fungsi keamanannya dan diterapkan secara lebih fleksibel,” saran anggota panel, yang disebut-sebut mencakup politisi, ekonom, dan ilmuwan yang mewakili berbagai kelompok usia dan wilayah, dalam laporan tersebut, dilansir RT.

2. Memperkuat Kerja Sama dengan NATO

Rekomendasi utama lainnya di dalamnya adalah bahwa “kerja sama Swiss dengan NATO dan UE harus terus diperdalam dengan tujuan untuk mencapai kemampuan pertahanan bersama dan menjadi kerja sama pertahanan yang sejati.”

3. Meningkatkan Anggaran Pertahanan



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More