Seberapa Penting Timur Tengah bagi Amerika Serikat?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 20:20 WIB
Timur Tengah menjadi kawasan yang sangat penting bagi AS. Foto/AP
WASHINGTON - Timur Tengah sangat penting bagi Amerika Serikat (AS). Tak peduli ketika China dan Rusia terus berkembang, AS tetap fokus dan tidak akan meninggalkan Timur Tengah.

Presiden AS Joe Biden telah menegaskan bahwa ia ingin AS "kembali ke puncak" untuk "menyatukan dunia bebas untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dunia saat ini. ... Tidak ada negara lain yang memiliki kapasitas itu."

"Meskipun penting bagi Amerika Serikat untuk memulihkan kepemimpinan dan kredibilitasnya dalam berbagai isu yang vital bagi keamanan dan kemakmuran nasional—terutama, kerja sama kesehatan global, memerangi pemanasan global, dan melawan praktik perdagangan predatoris China —ada satu kawasan yang tidak sepenting dulu lagi: Timur Tengah," ungkap Aaron David Miller dan Richard Sokolsky, pakar geopolitik AS, dilansir Politico.



Siapa pun yang memenangkan Gedung Putih pada bulan November, penting untuk menyadari bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Timur Tengah yang bergejolak—tempat ide-ide Amerika sering kali mati—telah menjadi kurang penting bagi kebijakan luar negeri Amerika dan kepentingan kita. Perubahan tersebut tidak hanya mencerminkan dinamika regional baru dan prioritas domestik AS, tetapi juga perubahan sifat kepentingan Amerika di sana.

Seberapa Penting Timur Tengah bagi AS?

1. Melindungi Warga AS dan Kepentingan Nasional Washington



Foto/AP

Departemen Pertahanan saat ini memiliki beberapa lini upaya di Timur Tengah. Itu termasuk, perlindungan pasukan dan warga AS di kawasan tersebut, dan penguatan postur kekuatan di seluruh kawasan untuk mencegah aktor negara atau nonnegara mana pun meningkatkan krisis di luar Gaza.

Perlindungan AS itu dilakukan dengan menghadirkan pos kekuatan yang diperkuat mencakup pengerahan Kelompok Serang Kapal Induk USS Gerald R. Ford dan USS Dwight D. Eisenhower, yang saat ini berada di wilayah Komando Pusat AS, bersama dengan kapal selam kelas Ohio.

2. Mempertahankan Keunggulannya dalam Persaingan dengan Rusia dan China

Di bidang-bidang seperti pangkalan, superioritas udara, senjata berteknologi tinggi, dan intelijen, Amerika harus bertindak tegas untuk mempertahankan keunggulannya terhadap pesaing seperti Rusia dan Tiongkok.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More