Militer Bangladesh Tolak Redam Demonstrasi, Pilih Usir Sheikh Hasina

Rabu, 07 Agustus 2024 - 17:15 WIB
Militer Bangladesh menolak meredam demonstrasi dan lebih memilih mengusir Sheikh Hasina. Foto/EPA
DHAKA - Malam sebelum pemimpin lama Sheikh Hasina tiba-tiba meninggalkan Bangladesh di tengah protes yang mematikan, panglima militer mengadakan pertemuan dengan para jenderalnya. Militer Bangladesh memutuskan bahwa pasukan tidak akan menembaki warga sipil untuk memberlakukan jam malam.

Itu diungkapkan dua perwira militer yang bertugas dan mengetahui diskusi tersebut kepada Reuters.

Jenderal Waker-Uz-Zaman kemudian menghubungi kantor Hasina, menyampaikan kepada perdana menteri bahwa tentaranya tidak akan dapat menerapkan karantina wilayah yang telah dimintanya, menurut seorang pejabat India yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut.



Pesan itu jelas, kata pejabat itu: Hasina tidak lagi mendapat dukungan dari militer.

Rincian pertemuan daring antara petinggi militer dan pesan kepada Hasina bahwa ia telah kehilangan dukungan mereka belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Mereka membantu menjelaskan bagaimana pemerintahan Hasina selama 15 tahun, di mana ia hanya menoleransi sedikit perbedaan pendapat, berakhir dengan kekacauan dan tiba-tiba pada hari Senin, ketika ia melarikan diri dari Bangladesh ke India.

Jam malam nasional telah diberlakukan setelah sedikitnya 91 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam bentrokan nasional pada hari Minggu, hari paling mematikan sejak protes yang dipimpin mahasiswa terhadap Hasina dimulai pada bulan Juli.

Juru bicara Angkatan Darat Letnan Kolonel Sami Ud Dowla Chowdhury membenarkan diskusi Minggu malam itu, yang ia gambarkan sebagai pertemuan rutin untuk mendapatkan informasi terbaru setelah terjadi gangguan. Ia tidak memberikan perincian saat ditanya pertanyaan tambahan tentang pengambilan keputusan pada pertemuan itu.

Namun, mereka dengan cepat berubah menjadi gerakan yang menuntut pengunduran diri Hasina dan agar pesaing beratnya, seorang pemenang Hadiah Nobel bernama Muhammad Yunus, memimpin pemerintahan sementara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More