Profil Menhan Turki Yasar Guler, Mantan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata

Selasa, 30 Juli 2024 - 16:45 WIB
Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler. Foto/EPA-EFE/OLIVIER MATTHYS
ANKARA - Profil Menteri Pertahanan (Menhan) Turki Yasar Guler akan dibahas dalam artikel ini. Dia dilantik menjadi menhan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2023 lalu.

Belum lama ini, menhan Turki tersebut telah melakukan sejumlah kunjungan. Dilansir dari Anadolu Ajansi, Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler mengunjungi negara-negara Asia Tengah seperti Turkmenistan dan Uzbekistan serta bertemu dengan para pemimpin tertinggi.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengulas perkembangan kerja sama militer dan teknis militer, termasuk penguatan hubungan antar kementerian, penyelenggaraan acara bersama, dan pelatihan spesialis militer.



Terdapat juga pembahasan tentang kerja sama dalam masalah keamanan, memerangi terorisme, ekstremisme dan radikalisme, serta memastikan perdamaian dan stabilitas regional, termasuk situasi di negara tetangga Afghanistan.

Profil Menhan Turki Yasar Guler



Yasar Guler lahir pada 18 September 1954, di Ardahan, Turki. Kariernya di militer dimulai sejak tahun 1974 setelah menghabiskan dua tahun sebelum wajib militernya untuk belajar di Akademi Militer Turki.

Dalam 10 tahun sejak bergabung dengan angkatan darat, ia bertugas di berbagai kompi dan infanteri, serta pernah juga bertindak sebagai komandan.

Kemudian di tahun 1986, ia dinyatakan lulus dari Army War College dengan predikat sangat memuaskan dan lulus dengan pangkat perwira staf.

Guler lantas dipromosikan menjadi brigadir jenderal pada tahun 2001 dan mengemban tanggung jawab atas Komando Brigade Infanteri ke-10 dan Departemen Perencanaan dan Koordinasi Staf Umum.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More