Asal-usul Pembentukan Secret Service, dari Pembasmi Pemalsuan Uang hingga Jadi Paspampres AS

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:30 WIB
Sebagai salah satu langkah strategisnya, dibentuk Secret Service sebagai biro di Departemen Keuangan. Harapannya, Dinas Rahasia mampu membantu pemberantasan pemalsuan uang yang telah meluas.

Riwayat Secret Service mulai berubah setelah peristiwa terbunuhnya Presiden William McKinley pada 1901. Usai insiden mengejutkan itu, Secret Service mulai ditugaskan sebagai pelindung Presiden Amerika Serikat secara penuh.

Pada perkembangannya, misi perlindungan Secret Service diperluas dengan perubahan undang-undang, instruksi keputusan presiden, instruksi keamanan dalam negeri hingga berbagai perintah eksekutif.

Sejak 1970, Dinas Rahasia turut ditugaskan untuk melindungi kawasan Gedung Putih sampai Observatorium Angkatan Laut.

Tak hanya itu, Secret Service juga bertanggung jawab atas keamanan kedutaan dan konsulat asing di dalam dan sekitar wilayah Washington DC.

Pada 1998, tugas Secret Service semakin luas. Berdasarkan ketentuan baru, unit tersebut ditetapkan sebagai agen federal utama guna mengoordinasikan pengembangan dan implementasi rencana keamanan untuk National Special Security Events (NSSE).

Beberapa tugas barunya mencakup seperti pengamanan konvensi partai politik besar, pelantikan Presiden, KTT para pemimpin dunia, pertemuan organisasi internasional hingga pemakaman kenegaraan dan peristiwa penting nasional lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai asal-usul pembentukan Secret Service Amerika Serikat.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More