13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:55 WIB
Donald Trump menjadi salah satu presiden AS yang pernah mengalami upaya pembunuhan. Foto/AP
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terluka dalam upaya pembunuhan selama kampanye di Butler County, Pennsylvania.

Trump, yang mengalami cedera di telinga kanannya, “selamat”. Dia digiring keluar panggung dengan darah di telinga dan pipinya setelah penembakan di rapat umum tersebut.

Seorang penonton tewas dan dua lainnya luka parah dalam serangan yang terjadi di Butler Farm Show di Butler City.



Secret Service mengatakan personelnya membunuh tersangka penyerang, yang diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks, 20, dari Pennsylvania.

Sejak berdirinya Amerika, empat presiden dan satu calon presiden telah dibunuh.

13 Upaya Pembunuhan Presiden AS, dari Lincoln hingga Trump

1. Abraham Lincoln (presiden ke-16) pada 1865,



Foto/AP

Melansir Al Jazeera, Lincoln dibunuh saat menonton pertunjukan teater bersama istrinya di Washington, DC. Dia ditembak oleh John Wilkes Booth dan diberi perawatan medis, namun meninggal keesokan paginya. Booth ditemukan bersembunyi di sebuah gudang di Virginian 12 hari kemudian, di mana dia ditembak mati.

2. James Garfield (presiden ke-20) pada 1881

Ditembak saat berjalan di stasiun kereta api di Washington, DC, enam bulan setelah menjabat. Garfield meninggal karena luka-lukanya beberapa minggu kemudian. Charles Guiteau, pembunuhnya, dinyatakan bersalah dan dieksekusi pada tahun berikutnya.

3. William McKinley (presiden ke-25) pada 1901

McKinley ditembak dari jarak dekat setelah memberikan pidato di New York. McKinley diharapkan pulih, tetapi gangren terjadi di sekitar luka tembak dan dia meninggal delapan hari kemudian. Seorang pria berusia 28 tahun asal Detroit, Leon F Czolgosz, mengakui penembakan tersebut. Dia dieksekusi beberapa minggu setelah pembunuhan itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More