Jenderal Top Israel dan Arab Lakukan Pertemuan Rahasia saat Perang Gaza Berkecamuk

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:55 WIB
Jenderal top Israel lakukan pertemuan rahasia dengan para jenderal dari negara-negara Arab saat perang Israel-Hamas berkecamuk di Gaza. Foto/REUTERS
MANAMA - Jenderal tertinggi Israel telah melakukan pertemuan rahasia dengan para jenderal negara-negara Arab awal pekan ini.

Pertemuan itu berlangsung di Manama, Bahrain, ketika perang Israel-Hamas di Jalur Gaza terus berkecamuk.

Mengutip laporan dari Axios, Kamis (13/6/2024), Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Jenderal Herzi Halevi diam-diam melakukan pertemuan dengan para jenderal dari Bahrain, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Yordania, dan Mesir.



Komandan Komando Pusat Amerika Serikat Jenderal Michael "Erik" Kurilla ikut serta dalam pertemuan itu.



“Pertemuan tersebut, yang tidak terlalu menonjolkan perhatian karena sensitivitas politik seputar konflik Gaza, berlangsung di bawah naungan Komando Pusat (CENTCOM) AS,” tulis Axios.

“Meskipun masyarakat mengkritik tindakan militer Israel di Gaza, pertemuan ini menandakan dialog militer dan kerja sama yang sedang berlangsung antara Israel dan negara-negara Arab di bawah CENTCOM,” lanjut laporan Axios.

Militer Zionis sebelumnya mengonfirmasi kunjungan Jenderal Kurilla ke Israel atas undangan Jenderal Halevi akhir pekan lalu, atau saat pasukan Israel membantai 275 warga Palestina di Nuseirat.

Pembantaian itu terjadi selama operasi penyelamatan empat sandera Israel.

“Kurilla dan Halevi mengadakan penilaian situasi operasional, membahas tantangan regional baru-baru ini dan memperkuat kemitraan strategis melawan ancaman Iran,” kata juru bicara IDF Avichai Adraee di X.

“Mereka juga membahas perkembangan perang melawan Hamas di Jalur Gaza dan serangan Hizbullah yang sedang berlangsung dari Lebanon,” lanjut dia.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More